“Jangan terlalu sering pakai lipcream matte, nanti bibirmu jadi hitam.” Goddess pasti pernah mendengar nasehat ini. Namun, apakah benar lipcream matte termasuk penyebab warna bibir jadi hitam? Jawabannya, tidak sepenuhnya nasehat itu benar. Apalagi kalau Goddess rajin membersihkan makeup bibir hingga benar-benar bersih. Justru ada alasan lain yang menjadi penyebab pasti bibir menjadi hitam. Apa saja penyebabnya? Simak penjelasannya berikut ini!

  1. Paparan Sinar Matahari

    UNSPLASH/ Sinar Matahari Menjadi Penyebab Bibir Menjadi Hitam

Sama halnya dengan kulit wajah, kulit bibir juga bisa menggelap karena paparan sinar matahari. Oleh karena itu, produk yang mengandung SPF tidak hanya dibutuhkan oleh kulit wajah, tetapi juga dibutuhkan oleh kulit bibir. Goddess, bisa mengganti lip balm non-SPF dengan lip balm yang mengandung SPF untuk membantu merawat bibirmu pada siang hari. Sinar matahari memang jadi salah satu penyebab utama bibir menjadi hitam. Jadi, pastikan kamu melindungi bibir dengan lip bal ber-SPF agar meminimalkan risiko bibir menjadi hitam.

Baca juga: Apakah Perlu Mencuci Muka dengan Facial Wash setelah Memakai Masker?

  1. Kurang Minum Air Putih

Air putih memang memegang peranan penting dalam hal menjaga kesehatan hingga kesehatan tubuh. Kekurangan minum air putih bisa menyebabkan dehidrasi yang mempengaruhi kondisi bibir. Bibir yang kering akibat kekurangan minum air putih akan berubah warna menjadi lebih gelap. Maka dari itu, jangan sepelekan minum air putih karena fungsinya yang begitu besar untuk tubuh kita.

  1. Gaya Hidup

Gaya hidup juga mempengaruhi kondisi bibir kita, Goddess. Goddess yang suka merokok dan minum alkohol sebaiknya segera mengurangi atau justru berhenti mengonsumsi dua hal tersebut. Pasalnya, merokok dan minum alkohol bisa menyebabkan warna bibir semakin gelap.

UNSPLASH/ Merokok Menjadi Salah Satu Penyebab Bibir Menjadi Hitam

Masih ada faktor lainnya yang menyebabkan warna asli bibir semakin gelap. Namun, 3 faktor di atas adalah yang paling sering. Yuk, bagikan artikel ini kalau menurutku informatif!