Masalah jerawat memang tidak ada habisnya apalagi ketika udara sedang sangat panas, kondisi kulit menjadi semakin buruk. Lalu bagaimana sih cara mengatasinya?

Saat musim panas tentunya kondisi kulit menjadi tidak nyaman dan selalu berkeringat. Hal ini dikarenakan sengatan matahari yang membuat produksi keringat berlebih, maka kulit akan sering terasa berminyak. Udara yang panas bisa membuat kondisi jerawat lebih parah atau membuat jerawat muncul semakin banyak. Meski begitu kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa menghadapi jerawat saat udara panas dengan 5 cara ini.

freepik.com
  1. Kenakan Pakaian yang Tepat

Bahan pakaian juga berpengaruh terhadap kondisi kulit terutama saat musim panas. Maka dari itu sebaiknya kamu kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat atau bahan tipis agar terhindar dari munculnya jerawat di badan khususnya bagian punggung. Jika kamu punya waktu lebih, gantilah baju yang sudah basah akibat keringat supaya kesehatan kulit terjaga.

  1. Jaga Kebersihan Tangan

Udara panas akan menyebabkan wajah dan tubuh menjadi berkeringat, hal ini menyebabkan pori-pori kulit jadi mudah tersumbatt. Produksi minyak berlebihan jika bertemu bakteri akan membuat kulit menjadi kotor dan berjerawat. Sebaiknya hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor karena kuman dan bakteri dari tangan bisa terbawa ke wajah.

  1. Gunakan Sunscreen

Teriknya cuaca bisa menyebabkan jerawat menjadi memerah dan hitam, maka bekas jerawat yang muncul akan susah hilang. Lindungi kulit kamu dengan menggunakan sunscreen secara rutin. Meski sunscreen tidak menghilangkan jerawat atau mencegah jerawat, tapi bisa mengurangi resiko bekas jerawat pada kulit.

Baca Juga : Apakah Cokelat Menyebabkan Jerawat? Ini Jawabannya! 

  1. Bersihkan Wajah

Jangan menunggu sampai jerawat menjadi parah baru rutin membersihkan wajah. Kamu harus rajin membersihkan wajah dengan produk pembersih yang tepat, contohnya produk dengan bahan benzoyl peroxide yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan scrub atau masker seminggu sekali, hal ini akan meminimalisir produksi minyak di kulit.

  1. Perawatan Kulit yang Sesuai

Cuaca yang panas biasanya akan memengaruhi kondisi kulit. Sebaiknya, kamu menyesuaikan perawatan kulit ketika musim panas. Misalnya, hindari produk yang kandungannya lebih padat karena membuat pori-pori tersumbat. Kamu bisa menggunakan produk dengan label non comedogenic dengan efek yang lebih ringan di kulit.