Siapa sangka buah yang memiliki beberapa jenis warna dan bentuk yang menarik ini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Apa saja sih manfaat buah naga tersebut?

Sesuai namanya, buah naga dalam bahasa inggris juga dikenal dengan nama dragon fruit. Nama ini diambil dari kondisi kulit buah naga yang memiliki bentuk mirip seperti sisik dari kulit naga. Biasanya buah naga ini akan dikonsumsi langsung atau dijadikan jus yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, siapa sangka ternyata buah ini memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Berikut ini beberapa manfaat buah naga untuk kecantikan kulit.

pixabay.com
  1. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan salah satu penyebab wajah tampak lebih tua. Tanda-tanda penuaan dini antara lain seperti keriput, kerutan, garis-garis, kendor, dan masih banyak lagi. Penuaan dini ini muncul disebabkan karena pengaruh radikal bebas. Kamu bisa menangkal semua gejala tersebut dengan buah naga. Sebab buah naga merupakan sumber antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Hasilnya kulit akan tampak lebih halus dan awet muda.

Untuk menangkal radikal bebas dan penuaan dini, kamu dapat mengonsumsi jus buah naga merah secara rutin. Namun untuk hasil yang maksimal, kamu juga dapat membuat buah naga ini menjadi masker wajah. Caranya mudah, campurkan 1/2 potongan buah naga dengan 1 sendok makan yogurt hingga halus. Oleskan hasil krim tersebut ke wajah, lalu biarkan selama 20 menit sebelum membilasnya. Gunakan masker buah naga ini seminggu sekali dan kamu dapat melihat hasilnya setelah dua bulan.

  1. Mengobati Jerawat

Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga mampu membantu meredakan jerawat. Jadikan saja buah naga ini sebagai masker wajah. Pertama, haluskan 1/4 potongan buah naga kemudian gunakan kapas untuk mengoleskannya di atas jerawat. Setelah itu biarkan selama 20 menit sebelum dibilas. Lakukan proses ini selama dua kali seminggu agar kulit bebas jerawat.

  1. Meredakan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Jika lupa menggunakan sunscreen dan kulit terbakar sinar matahari, kamu tidak perlu khawatir. Karena buah naga bisa digunakan sebagai krim untuk mengobati kulit yang terbakar. Kandungan vitamin E dan C yang tinggi dalam buah naga dapat melindungi kulit dari sinar UV dan meredakan inflamasi. Caranya mudah, campurkan 1/4 potongan buah naga dengan 1 kapsul vitamin E sehingga menjadi krim kental, kemudian oleskan di atas kulit dan biarkan selama 30menit sebelum dibilas.

  1. Menghaluskan Kulit Secara Alami

Kulit kasar biasanya muncul disebabkan karena adanya penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan wajah. Kandungan vitamin C, protein, dan asam folat dalam buah naga dipercaya sangat efektif untuk melarutkan sel-sel kulit mati tersebut. Buah naga ini juga akan meregenarasi sel kulit baru yang membuat wajah terlihat lebih cerah dan bersinar daripada biasanya.

Beberapa cara di atas dapat kamu coba lakukan di rumah ya. Meski buah naga bermanfaat untuk kecantikan kulit, bukan berarti hasilnya akan langsung terlihat.