Maka dari itu, ada baiknya mengetahui dengan jelas manakah warna kulit yang kamu miliki. Di bawah ini, kamu bisa baca keunggulan berbagai jenis warna kulit perempuan Asia agar kamu bisa dengan tepat menentukan aksesoris yang kamu gunakan!

1. Kuning langsat

Pada dasarnya, orang-orang berkulit cerah di Indonesia memiliki sedikit warna kekuningan yang hangat. Inilah yang disebut kulit kuning langsat, bukan putih. Orang-orang Jawa zaman dulu bahkan menjadikan kulit kuning langsat sebagai simbol kulit cantik yang sebenarnya.

Pada jenis kulit kuning langsat, karakter yang dominan adalah adanya warna putih dan sedikit gelap. Dari pigmen kuning yang tampak, orang Indonesia akan terlihat lebih cerah dan tidak pucat. Tidak heran jika warna ini selalu ada dalam daftar kosmetik yang ada di negeri kita.

Mungkin sebagian orang berpikir kuning langsat menjadi warna yang tanggung. Namun, siapa sangka keuntungan dari memiliki jenis kulit kuning langsat adalah kamu akan merasa lebih fleksibel dalam memilih warna makeup, baju, hingga rambut. Hal ini didasari karena kuning langsat bisa melebur dengan banyak warna yang menjadikan kulit wajah semakin berkilau.

Paduan berbagai warna bisa kamu aplikasikan dengan mudah. Warna pilihan yang membuat kuning langsat semakin menawan yakni warna hangat cokelat, merah, oranye, kuning, hijau terang. Bahkan tidak tanggung-tanggung warna sejuk bisa juga sebagai pilihan seperti seperti biru kehijauan dan ungu gelap.

2. Kulit hitam

Terkadang masih banyak orang yang menyangsikan keelokan kulit hitam. Bahkan, beberapa orang malah melakukan langkah pemutihan kulit untuk menghindari kulit hitam. Padahal jika kamu memahami proses sel kulit beregenerasi, kamu pasti akan lebih bersyukur jika memiliki jenis kulit ini!

Pada lapisan epidermis terdapat lapisan malphigi yang tersusun oleh pigmen melanin. Pigmen melanin berperan sebagai pemberi warna pada kulit.Jika kulitmu berwarna hitam, maka kulitmu lebih banyak mengandung pigmen. Semakin banyak jumlah pigmen, kulitmu akan semakin terlindungi dari bahaya sinar ultraviolet yang menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti sunburn, kulit kusam, hingga flek hitam.

Memiliki kulit gelap bukan berarti segalanya harus berwarna gelap pula. Usahakan, kamu tetap memberikan sentuhan warna yang cerah pada aksesoris di setiap penampilanmu. Warna yang cerah tersebut akan membuat tampilan menjadi lebih menarik dan terlihat bersih pada kulit. Beberapa warna yang direkomendasikan ialah jingga, hijau, biru muda, dan emas.

3. Kulit sawo matang

Warna kulit ini sangat didominasi oleh orang-orang Asia yang tinggal di daerah tropis, tak terkecuali Indonesia. Warna kulit yang merupakan ciri khas ras Mongoloid-Melayu ini banyak tersebar di Indonesia bagian barat dan tengah, antara lain Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, bahkan Maluku dan Irian.

Ternyata, banyak orang dari negara lain iri dengan warna kulit ini. Padahal, cukup banyak orang Indonesia yang tidak percaya diri akan warna kulit ini. Pigmen eumelanin dan karoten yang dominan pada kulit sawo matang justru membuat warna kulit ini menjadi yang paling eksotis!

Selain itu, kulit sawo matang sendiri dianggap paling istimewa karena lebih tahan dari terik matahari dan pengaruh jahat lingkungan. Alih-alih rendah diri, justru seharusnya kamu bangga dengan keunikan ini!

Bagi kamu yang tergolong mempunyai warna kulit sawo matang, sebaiknya kamu menghindari warna yang gelap, karena warna tersebut justru akan membuat kamu terlihat kusam. Pakailah baju dengan warna-warna pastel yang terang tetapi dengan warna yang soft, seperti coklat muda, biru muda, pink pastel ataupun navy.

4. Kulit putih gading

Ini adalah kulit yang menjadi incaran banyak perempuan. Warna kulit ini terlihat putih, terang dan ringan. Tak heran, banyak perempuan berbondong-bondong ingin memiliki jenis kulit ini. Namun ternyata, kulit putih gading ini hanya memiliki pigmen feomelanin sebagai pigmen pemberi warna putih.

Kulit putih gading biasanya dimiliki oleh orang Asia dari negara Jepang dan China. Namun tidak menutup kemungkinan orang Indonesia juga memiliki warna kulit ini. Kulit putih memang cenderung indah dipandang dengan kesan kulit cerah.

Jenis warna kulit putih dalam hal warna pakaian dan aksesoris lebih cenderung cocok menggunakan makeup berwarna gelap, seperti merah tua ataupun merah hati. Jika dipadukan dengan warna terang, biasanya kulit putih gading justru akan terlihat semakin pucat.

Meski begitu, bukan berarti perempuan yang tidak memiliki kulit putih gading tidak cantik, lho! Apapun warna kulitnya, kamu tetap harus mengedepankan attitude yang sempurna, ya!

5. Putih porcelain

Sama-sama berwarna putih, putih porcelain lebih menekankan pada semburat warna pink yang kerap terlihat. Ciri khas yang paling bisa dilihat yakni ketika kulit terkena sinar matahari, maka kulit akan berubah menjadi pink kemerahan terutama pada bagian pipi. Jenis kulit ini mengarah pada pigmen yang terdiri dari berbagai macam warna. Mulai dari warna pastel, nuansa redup, hingga warna cemerlang ataupun warna gelap.

Biasanya rona kulit ini dimiliki sebagian besar perempuan Korea. Salah satu yang diunggulkan dari jenis kulit ini yakni adanya cahaya yang memantul pada kulit, sehingga memberikan efek glowing. Hal ini juga dapat membuat si pemilik kulit terlihat lebih muda, karena cahaya yang terpantul ini menegaskan bentuk-bentuk tulang mereka seperti tulang hidung dan tulang pipi.

Hampir sama dengan putih gading, pemilihan warna pakaian dan aksesoris yang cocok untuk putih porcelain adalah paduan warna gelap. Warna-warna dengan semburat hitam, coklat tua, dan biru navy bisa diaplikasikan sebagai penunjang penampilan. Tentu, hal ini bertujuan agar kulit putih porcelain tidak tampak kusam dan pucat.