Pori-pori wajah yang besar membuat penampilan terlihat buruk dan tidak menarik. Nah, jangan khawatir kamu bisa ikuti 6 cara mengecilkan pori-pori kulit wajah ini.

Wajah yang bersih dan cerah tanpa cela merupakan idaman semua wanita. Maka tidak heran bila perawatan wajah banyak dilakukan oleh kaum hawa. Salah satu permasalahan wanita yang seringkali ditemui adalah pori-pori besar. Pori-pori yang besar bisa membuat wajah menjadi tampak lebih tua dan minyak pada wajah menjadi berlebih. Untuk mengecilkan pori-pori tidak semudah dengan mencuci wajah menggunakan air hangat. Beberapa cara di bawah ini akan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

  1. Selalu Bersihkan Wajah

    freepik.com

Cara pertama yang wajib kamu lakukan agar pori-pori tampak bersih dengan menggunakan noncomedogenic. Sebaiknya hindari produk yang mengandung bahan-bahan berat seperti petrolatum dan mineral oil. Selalu bersihkan wajah dengan sabun wajah yang lembut untuk membersihkan kotoran dan minyak pada wajah agar tidak menutup pori-pori.

  1. Gunakan Toner yang Tepat

    freepik.com

Toner merupakan cairan berbasis air dengan konsistensi seperti cuka yang mengandung bahan-bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah kulit yang spesifik. Tidak hanya membersihkan residu seperti minyak dan sisa makeup pada wajah, tapi juga menenangkan, memperbaiki, dan menghaluskan kulit dengan mengurangi tampilan bintik hitam serta meminimalisir kemerahan dan peradangan. Toner dengan pH yang netral dapat membantu mengencangkan kulit tanpa membuat iritasi kulit.

  1. Gunakan Bahan yang Mengandung Retinoid

    freepik.com

Retinoid adalah produk unggulan yang mengandung senyawa vitamin A untuk anti penuaan dan menstimulasi produk kolagen yang tentunya berperan penting pada pori-pori. Saat pori-pori tidak didukung oleh kolagen, pori-pori menjadi kendur, kulit terlihat bergelembung dan pori terlihat membesar. Maka retinoid akan memperbaiki pori-pori wajah yang telah mengendur.

  1. Selalu Gunakan Sunscreen

Bertambahnya usia dan paparan sinar UV dapat mengurangi elastisitas kulit. Meskipun matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang besar, namun tetap memiliki dampak negatif jika kulit tidak terlindungi dengan tepat. Sunscreen sangat penting digunakan agar terhindar dari masalah-masalah kulit seperti tanda-tanda penuaan kulit. Oleh sebab itu penggunaan sunscreen dengan minimum SPF 30 setiap harinya dapat mencegah pori-pori melebar yang disebabkan sinar matahari.

  1. Lakukan Eksfoliasi

    freepik.com

Untuk mengangkat sel kulit mati, kamu harus melakukan eksfoliasi setiap dua sampai tiga kali agar tidak menyumbat pori-pori kamu dan menyebabkan jerawat. Exfoliant adalah produk pengelupas sel-sel kulit mati dari permukaan kulit dan minyak yang menutup pori. Salah satu pengelupas alami adalah scrub alami yang terbuat dari paduan teh hijau, madu, dan gula halus. Produk pengelupas lain dalam bentuk krim, gel, hingga pembersih kulit yang dilengkapi dengan butiran kecil untuk mengelupas kulit juga dapat dibeli secara bebas.

  1. Perawatan Clay Mask Secara Rutin

    freepik.com

Pori wajah yang bebas dari kotoran dan komedo menyumbat merupakan kunci dari pori-pori yang rapat, dan clay mask adalah salah satu pilihan paling tepat untuk menghilangkan semua kotoran. Lumpurnya akan menerobos ke dalam pori-pori yang tersumbat dan mengangkat kotorannya dari dalam sehingga pori-porimu akan bersih dan mengecil.

Dengan melakukan enam tips di atas tentunya pori-pori di kulit wajahmu akan mengecil. Selamat mencoba!