Menjaga kebersihan brush makeup sangat penting, Goddess. Brush makeup yang kotor bisa memicu masalah kulit seperti jerawat hingga alergi. Yuk, simak dan ikuti 6 cara mudah membersihkan brush makeup.

Brush dan produk makeup memang tidak terpisahkan. Brush menjadi salah satu alat penting untuk menghasilkan makeup look idamanmu. Namun, Goddess harus rutin menjaga kebersihan alat kecantikan tersebut. Rutin membersihkan brush makeup berarti menjaga kesehatan kulit. Plus, brush makeup yang bersih bisa menghasilkan makeup yang lebih rapi. Salah satu alat makeup yang paling cepat kotor adalah makeup brush. Biar pun rasanya membersihkan brush makeup itu sangat merepotkan, jangan sampai kemalasan tersebut membuat brush makeup menjadi sarang bakteri. Nah, kamu bisa mengikuti 6 cara mudah membersihkan brush make up di bawah ini.

  1. Menggunakan Clipboard

Jangan khawatir Goddess, kamu bisa menoba cara mudah membersihkan brush makeup mu dengan memanfaatkan alat sederhana yang kamu buat sendiri. Caranya, kamu bisa memanfaatkan tatakan gelas berbahan kayu atau plastik dan buat titik-titik dengan lem tembak pada tatakan tersebut. Tunggu hingga titik-titik lem tersebut mengerind, lalu bersihkan dan gunakan untuk menggosok brush makeup yang kotor. Tinggal tambahkan sabun untuk membuat brush-mu kembali bersih.

  1. Menggunakan Sabun Batangan

Tentunya sabun batangan mudah ditemukan dan banyak dijual di toko kosmetik. Dengan harga yang murah kamu sudah bisa membersihkan brush makeup dengan cukup bersih. Caranya sangat mudah, gosokkan brush makeup pada sabun batangan dan diamkan beberapa menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut. Kalau Goddess ingin menjaga kualitas brush tetap bagus, coba gunakan sabun batangan organik yang lebih sedikit kandungan kimianya.

  1. Menggunakan Sabun Cair

Cara penggunaannya sama dengan sabun batangan, tetapi sabun cair lebih mudah dan cepat untuk digunakan. Tuangkan sabun cair secukupnya, lalu gosokkan pada brush make up hingga bersih. Lebih baik lagi, peras brush hingga semua kotoran keluar. Jika diperlukan, lakukan hal ini secara berulang hingga air perasan terlihat lebih bening dari sebelumnya. Kamu bisa menggunakan sabun cair untuk wajah maupun sabun cair yang diformulasikan khusus untuk membersihkan brush.

  1. Cuka Apel dan Sabun Cair

Dengan menggabungkan dua bahan ini, kebersihan yang didapat akan lebih maksimal. Untuk brush makeup yang sangat kotor, kamu membutuhkan cuka apel untuk membersihkannya. Cuka apel membantu membunuh bakteri yang berbahaya serta membersihkan kuas secara maksimal. Kombinasikan satu sendok cuka apel murni dan setengah sendok sabun cair. Setelah itu kamu bisa rendam dan diamkan brush makeup selama beberapa menit, setelah itu bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Membersihkan brush makeup tidak sesulit yang dibayangkan, kan?

 

  1. Gunakan Sampo Bayi dan Air Hangat

Cara yang ini mudah dan sangat membantu membersihkan brush makeup secara menyeluruh. Sampo bayi membantu meregangkan bulu brush makeup kamu dan mendorong mengeluarkan semua bekas cairan foundation ataupun blush on. Rendam brush makeup kamu pada wadah yang berisi air hangat lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu letakkan sampo bayi pada telapk tangan dan gosokkan brush. Lalu, rendam kembali pada air hangat dan diamkan beberapa saat. Hal ini dilakukan agar brush makeup dapat bersih secara menyeluruh dan bulu-bulu halus brush menjadi lebih lembut dan bersih.

  1. Menggunakan Olive Oil

Cara lain untuk membersihkan brush makeup dengan menggunakan minyak zaitun. Apalagi untuk kamu yang suka menggunakan brush makeup kecil untuk gel eyeline, cara ini sangat cocok untuk membersihkan sisa eyeliner pada brush. Caranya mudah, cukup beri minyak zaitun pada ujung brush, gosok pelan, lalu bilas dengan air sampai bersih. Kemudian serap air pada brush menggunakan handuk kecil atau tisu makan, lalu diamkan brush hingga kering.

Image Source: Freepik

Nah, sekarang kamu sudah tidak perlu bingung untuk membersihkan brush makeup kan? Goddess bisa mencoba 6 cara mudah membersihkan brush makeup yang sudah dijelaskan di atas. Selain bahan-bahannya mudah didapatkan, cara di atas akan membantumu membersihkan brush makeup dengan lebih mudah! Selain brush, beauty blender-mu juga perlu dibersihkan secara rutin. Cara mudah membersihkan beauty blender bisa Goddess simak pada artikel khusus di sini. Selamat mencoba dan jangan malas menjaga kebersihan alat makeup-mu ya!