Menggunakan scrub memang penting untuk perawatan kulit. Namun, kamu harus menghindari beberapa hal agar kulit tidak iritasi. Apa saja sih?

Kulit wajah memang perlu dieksfoliasi secara teratur agar sel kulit mati bisa diangkat. Salah satu cara mudah untuk melakukannya adalah dengan memakai scrub. Kamu perlu melakukan eksfoliasi menggunakan scrub ini dengan benar agar kulit menjadi lebih mulus dan cerah. Nah, kamu perlu menghindari beberapa hal ini agar kulit tidak iritasi ketika menggunakan scrub.

freepik.com
  1. Memilih Produk yang Salah

Kamu harus memilih produk scrub yang mild dan mengandung butiran scrub yang tidak terlalu keras. Butiran scrub yang terasa lembut di wajah lebih baik daripada yang kasar. Jangan memakai scrub tubuh untuk mengangkat sel kulit mata di wajah.

  1. Melakukan Eksfoliasi Saat Wajah Kering

Pastikan kondisi kulit selalu sedikit basah atau lembap sebelum mengoleskan scrub. Air akan membantu melicinkan kulit sehingga proses scrub menjadi lebih mudah. Maka dari itu, membasahi wajah dengan air sangat penting sebelum mengoleskan produk facial scrub.

  1. Wajah Masih Kotor

Sebaiknya lakukan proses eksfoliasi ketika kulit wajah sudah bersih dari kotoran dan debu. Melakukan eksfoliasi kulit saat masih kotor akan menahan kotoran di dalam kulit wajah. Selain itu, menggunakan scrub saat wajah masih kotor akan membuat manfaat scrub tidak bekerja maksimal.

  1. Mengeksfoliasi Saat Kulit Tidak Sehat

Hindari mengeksofilasi kulit yang sedang bermasalah seperti jerawat atau iritasi. Biarkan kulit beristirahat sejenak untuk memulihkan kondisinya. Menggunakan scrub saat kulit dalam kondisi tidak sehat akan memicu masalah lain.

  1. Scrubbing Terlalu Sering

Melakukan scrub setiap hari adalah biasaan yang salah. Jangan melakukan scrub setiap hari karena akan membuat kulit over exfoliate. Kamu cukup melakukan scrub 1 hingga 2 kali seminggu.

  1. Melakukan Teknik yang Salah

Selalu lakukan scrub dengan lembut, letakkan scrub di ujung telunjuk tangan kanan lalu oleskan di 5 titik wajah seperti dahi, pipi, hidung dan dagu. Kemudian ratakan scrub dengan gerakan memutar dan lakukan secara perlahan. Jangan menggosok satu bagian wajah lebih dari 15-20 detik karena menggosok terlalu lama dan keras menyebabkan wajah iritasi.