Banyak masalah memang kadang membuat pikiran menjadi tidak menentu. Nah, kamu harus berhati-hati karena 6 tanda ini menunjukkan kamu sedang depresi. Apa saja sih?

Masalah memang selalu datang setiap harinya dan perlu dihadapi. Seiring bertambahnya usia seseorang, beban dan tanggung jawab baru semakin bertambah dan rumit. Akibatnya kamu bisa saja merasa stres dan depresi untuk melewatinya. Tidak hanya itu, kamu bahkan bisa mengalami gangguan mental meski tidak menyadarinya. Jadi, jangan meremehkan gangguan depresi ya! Kamu bisa mengenali tanda-tanda yang menunjukkan kamu sedang depresi di bawah ini.

freepik.com
  1. Hobi Menjadi Membosankan dan Tidak Menyenangkan

Mungkin dulu kamu suka menulis, traveling, hunting foto, atau sekedar menonton tv. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut bisa membuat kamu lupa waktu dan menyegarkan otak dari berbagai pikiran yang menyebalkan. Namun, sekarang kamu justru malas melakukannya karena membosankan dan tidak menyenangkan. Bahkan hal yang kamu suka menjadi beban lain di pikiranmu.

  1. Selalu Melihat Media Sosial

Dalam keadaan depresi, seseorang cenderung merasa rendah diri dan merasa tidak berharga. Dia akan sangat memikirkan perkataan orang lain mengenai dirinya. Tidak heran jika dia selalu berkutat dengan media sosial miliknya. Saat mendengar notifikasi dan pesan yang masuk mengenai dirinya akan memberi adrenalin tersendiri yang membuat merasa tenang. Namun, bila komentar buruk yang diterima dia akan semakin penasaran dan memikirkannya terus menerus.

  1. Menghindari Bersosialisasi

Karena banyak hal yang dipikirkan, dirimu akan memilih untuk menyendiri. Tidak hanya itu, kamu yang biasanya cerewet akan lebih banyak diam saat bertemu orang lain. Rasanya malas untuk bertemu orang lain dan harus menjalin komunikasi. Selain itu, kamu juga kehilangan nafsu makan dan gairah seks saat mengalami depresi.

  1. Lebih Sensitif dan Tempramental

Perilaku orang lain akan sangat berpengaruh pada reaksimu. Kamu akan lebih sensitif pada candaan yang dilontarkan oleh teman-temanmu. Kamu tidak ikut tertawa tetapi justru merasa marah dan ingin meluapkan semua emosi pada mereka. Perasaanmu menjadi sangat sensitif terhadap kejadian yang kamu alami.

  1. Berat Badan Berubah Drastis

Bila mengalami perubahan berat badan yang signifikan bisa jadi kamu mengalami gangguan kesehatan mental. Saat depresi, kamu bisa saja merasa stres dan kehilangan nafsu makan atau bahkan merasa lapar terus menerus. Nah, kebiasaan buruk ini tidak bisa mengobat rasa depresi.

  1. Tidak Bisa Tidur dan Bangun Lebih Cepat

Saat malam hari, otak akan terus bekerja dan membuat mata sulit terpejam dan kamu baru bisa tidur larut malam dalam keadaan tidak tenang bahkan gelisah. Selain itu, kamu juga akan terbangun lebih pagi dari biasanya meski waktu istirahat belum maksimal. Hal ini akan mengakibatkan badan terasa lelah dan pikiran semakin stres.

Tidak ada salahnya untuk mengenal diri sendiri lebih dalam, Goddess. Kamu tidak perlu menanggung beban berat sendiri. Saat kamu merasakannya atau melihat orang sekitar menunjukkan tanda-tanda seperti ini, dukungan dan rehabilitasi dengan orang yang profesional menjadi langkah tepat untuk menanganinya.