Bruntusan juga menjadi salah satu masalah yang menyebalkan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena bisa atasi wajah bruntusan dengan bahan-bahan alami ini.

Tidak hanya jerawat, flek, atau kerutan yang menjadi masalah kulit dan mengganggu penampilan. Bruntusan di wajah juga menjadi hal yang menyebalkan. Bruntusan ini biasanya disebabkan oleh berbagai faktor seperti polusi udara, gigitan serangga atau reaksi alergi. Meski begitu kamu tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa diatasi dengan bahan alami. Yuk, simak cara mengatasi wajah bruntusan di bawah ini.

freepik.com
  1. Gunakan Kompres Dingin

Siapa sangka es batu memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Kamu bisa masukkan beberapa es batu ke dalam kantong plastik dan letakkan di area wajah yang bermasalah. Kompres wajah selama beberapa menit dan ulangi beberapa kali dalam sehari. Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan kain yang direndam di air dingin untuk mengompres wajah.

  1. Lidah Buaya

Cara yang satu ini sangat mudah untuk kamu lakukan di rumah. Kamu hanya perlu memulaskan gel lidah buaya yang diambil langsung dari daunnya ke kulit wajah yang bruntusan. Diamkan selama 20 menit lalu bilaslah hingga bersih.

  1. Gunakan Kulit Pisang

Siapa sangka kulit pisang yang biasanya dianggap sampah memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Cara menggunakannya sangat mudah, usapkan bagian dalam kulit pisang pada bagian wajah yang bruntusan. Setelah itu tunggu hingga 30 menit lalu bilas sampai bersih.

  1. Oatmeal

Bahan makanan yang sering dijadikan sarapan ini ternyata memiliki manfaat untuk kulit. Caranya, haluskan oatmeal dengan blender atau digiling. Setelah itu campurkan ke dalam air hangat dan gunakan campuran tersebut untuk mencuci wajah sambil dipijat secara perlahan selama 15-20 menit.

Baca Juga : Holy Lip Series dari Looke Cosmetics Menurut Annisa N. Thaib 

  1. Masker Madu dan Kayu Manis

Kombinasi dua bahan ini memiliki khasiat yang baik untuk kulit. Ambil satu sendok teh kayu manis bubur dan campurkan dengan dua sendok makan madu. Setelah itu gunakan campuran tersebut di seluruh wajah hingga merata dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air bersuhu sedang.

  1. Masker Telur dan Tepung Jagung

Campuran putih telur dan tepung jagung mampu membersihkan kotoran pada kulit wajah. Kamu hanya perlu menyediakan putih telur dan campurkan dengan tepung jagung lalu aduk hingga merata sampai berbentuk pasta. Setelah itu kamu bisa pulaskan ke wajah yang bruntusan lalu diamkan kurang lebih selama 30 menit dan bilas sampai bersih.

  1. Masker Pepaya

Buah tropis yang satu ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Haluskan pepaya secukupnya hingga berupa jus dan oleskan di bagian wajah yang bruntusan. Biarkan selama 10 menit dan basuhlah wajah menggunakan air bersih.