Kandungan centella asiatica banyak ditemukan pada produk perawatan untuk kulit berjerawat. Sebenarnya apa sih manfaat centella asiatica?

Centella asiatica atau daun pegangan adalah tanaman liar yang berasal dari daerah Asia tropik yang banyak tumbuh pada tanah yang basah seperti tanah sekitar ladang, pematang sawah dan perkebunan. Tanaman ini wujudnya kecil dan terlihat seperti tanaman merambat dengan daun berbentuk seperti lingkaran. Kini sudah mulai banyak produk skincare, khususnya produk skincare berbahan utama Centella Asiatica. Kandungan atau ekstrak dari tanaman ini sedang tren karena dianggap ampuh mengatasi kulit berjerawat. Lalu, apa sih manfaat centella asiatica ini untuk kulit berjerawat?

freepik.com
  1. Menyembuhkan Luka dan Radang

Tanaman ini sudah dikenal sebagai penyembuh luka di kulit. Dikutip dari Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research, kandungan asam madecassic yang merupakan salah satu senyawa aktif berperan penting dalam meredakan peradangan. Senyawa ini berfungsi untuk menghambat pelepasan sitokin pro inflamasi dan menurunkan kadar enzim tertentu yang menyebabkan peradangan.

  1. Memperbaiki Sel Kulit Mati

Kandungan steroid di dalam tanaman ini yakni jenis triterpenoid glycoside dan asiatodsia memiliki manfaat untuk kulit. Triterpenoid mampu menyembuhkan luka secara cepat. Sedangkan, asiatosida berfungsi memperbaiki sel kulit dan jaringan ikat.

  1. Meredakan Nyeri

Kandungan glikosida saponin menghasilkan efek pereda nyeri. Saponin ini bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan kolagen. Hal ini akan meredakan rasa nyeri saat saponin menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan.

  1. Sebagai Anti Aging

Centella asiatica memiliki kandungan antioksidan dan protein yang tinggi sehingga mampu memproduksi kolagen yang ampuh sebagai bahan anti aging bagi kulit. Selain itu, ekstrak centella asiatica ini mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B1 dan B2, dan karoten yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat.