Ternyata kamu tidak bisa asal-asalan memilih sabun mandi. Jadi, mulai sekarang kamu harus memilih sabun mandi yang benar sesuai jenis kulitmu.

pxhere.com

Sabun mandi memang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Menggunakan sabun mandi favorit bisa jadi salah satu cara meningkatkan mood. Namun, kamu jangan asal pilih sabun hanya karena aromanya saja. Jika kamu ingin kulit tetap terjaga kesehatannya, memilih sabun mandi sesuai jenis kulit wajib kamu perhatikan, Goddess.

  1. Kulit Normal

Jika kamu memiliki jenis kulit normal, kamu patut senang karena kamu bisa bebas memilih sabun dengan jenis apapun. Mulai dari sabun batang, shower gel, hingga body wash bisa kamu jadikan pilihan sabun mandi harianmu.

  1. Kulit Sensitif

Kulit sensitif mudah terkena iritasi, gatal dan bersisik bahkan muncul kemerahan jika terkena produk yang tidak sesuai dengan kulit. Bagi kamu pemilik kulit sensitif, sebaiknya hindari sabun yang mengandung terlalu banyak pewani atau parfum karena bahan ini dapat menyebabkan alergi. Salah satu pilihan yang tepat untuk jenis kulit sensitif adalah sabun bayi. Jika kamu ingin menggunakan sabun cair, sabun yang mengandung vitamin E dan sedikit deterjen bisa dicoba.

  1. Kulit Berminyak

Kulit berminyak tidak hanya berada di wajah, tapi kulit tubuh juga bisa berminyak. Hal ini ditandai dengan kulit yang kenyal dan lembap. Namun, jenis kulit berminyak ini jadi tempat yang baik bagi bakteri untuk berkembang. Maka, sabun anti bakteri bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. Sabun yang mengandung lavender atau chamomile juga baik untuk mengontrol kadar minyak pada kulit.

  1. Kulit Kering

Biasanya, kulit kering ditandai dengan kulit yang mudah bersisik, gatal, dan terlihat kusam. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit seperti ini, sebaiknya hindari sabun yang memiliki terlalu banyak deterjen dan sabun anti bakteri karena membuat kulit semakin kering. Pilihlah shower cream yang memiliki label moisturizing atau melembapkan. Kandungan shea butter atau susu pada sabun mandi bisa menjadi pilihan yang tepat.