Survey membuktikan 60% perempuan tidak yakin akan kecantikannya. Nah, kamu harus hilangkan rasa minder dan tidak percaya diri karena kamu cantik apa adanya.

Tak  melulu soal fisik atau riasan wajah, pesona cantik alami sejatinya telah ada pada diri setiap perempuan. Itulah sebabnya ada sebutan inner beauty, atau kecantikan dari dalam diri yang dapat terwujud melalui sikap dan perilaku, sudut pandang, pola pikir, hingga kesadaran merawat dan menyayangi diri sendiri.

Langkah paling penting untuk menjadi cantik adalah memulai kepercayaan pada dirimu sendiri. Kunci untuk membangun kualitas diri adalah percaya pada diri sendiri. Secantik apapun seorang perempuan, sesempurna apapun bentuk tubuhnya, semua akan sia-sia tanpa hadirnya rasa percaya diri.

Untuk mengawalinya, buatlah analisis sederhana tentang kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirimu. Kenali dirimu jauh lebih dalam. Bukankah manusia masing-masing diciptakan dengan kekurangan sekaligus kelebihan? Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ada pada dirimu, setidaknya kamu akan percaya pada kemampuanmu untuk bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tak hanya itu, kamu juga akan semakin semangat menggali potensimu untuk menutupi kekurangan yang kamu miliki.

freepik.com

Percaya Diri Bukan Berarti Narsis atau Sombong

Percaya diri adalah meyakini bahwa dirimu memiliki kelebihan yang bisa bermanfaat untuk orang-orang di sekelilingmu. Dengan kata lain, kamu meyakini bahwa kamu bisa mensyukuri kelebihan yang telah diberikan Tuhan dengan memanfaatkannya untuk hal-hal yang baik.

Percaya diri juga mengakui kekurangan yang kamu miliki, untuk kamu tutupi dengan hal-hal positif yang telah kamu lakukan. Dari kekurangan yang ada di dalam diri, kamu justru terus terpacu untuk selalu menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

Sementara narsis, hanya membuatmu fokus pada kelebihan-kelebihan yang kamu punya saja. Kamu hanya terpaku untuk memamerkan kelebihanmu tanpa mau mengoreksi kekurangan-kekurangan yang kamu miliki. Kalau begini, bagaimana inner beauty bisa muncul dari diri sendiri?

Sadari Bahwa Kamu adalah Perempuan Luar Biasa

Kebanyakan perempuan selalu merasa minder dengan keadaannya. Jangankan masalah besar, jerawat saja terkadang membuat kecantikan seolah-olah berhenti terpancar. Padahal, kamu bisa dengan mudah mengatasi rasa minder karena hal-hal sekecil itu.

Yakinkan kepada dirimu sendiri bahwa kamu adalah wanita yang luar biasa. Syukuri setiap hal-hal kecil yang diberikan Tuhan kepadamu seperti, kesempatan untuk belajar, hidup yang bahagia, keuangan yang cukup, hingga anggota tubuh yang lengkap.

Hal Sederhana Dapat Membuat Lebih Percaya Diri

Dengan mensyukuri segala hal yang diberikan Tuhan buatmu, tentu akan memotivasimu untuk menjadi lebih baik daripada mereka yang kurang beruntung. Jika semangat dan motivasi telah muncul, tulislah target, mimpi dan kata-kata motivasimu pada buku atau secarik kertas, yang selanjutnya bisa kamu gunakan untuk penyemangatmu di kala jenuh.

Munculkan Rasa Optimis pada Diri Sendiri

freepik.com

Kecantikan alamimu akan terpancar bila kamu selalu meyakininya. Entah matamu berwarna cokelat atau hitam, rambutmu panjang atau pendek, kulitmu putih atau sawo matang, postur tubuhmu semampai atau mungil, semua bukanlah halangan untuk menunjukkan pribadi terbaikmu. Ya, semua adalah pemberian Tuhan yang patut kita syukuri.

Saat kamu telah mengenali dirimu sendiri, rasa optimis tentu akan jauh lebih mudah kamu bentuk. Pikiran yang positif akan terus tertanam di dalam diri dalam memandang apapun yang kamu hadapi saat ini, esok, dan nanti.

Ingatlah Kata-Kata Motivasi yang Sudah Kamu Buat

Tinjaulah ulang bagaimana kamu mensyukuri berapa banyak keberkahan yang diberikan oleh Tuhan. Bagaimana kamu berusaha untuk bangkit dan memanfaatkan kelebihan yang kamu miliki saat ini. Kembalilah menyadari bahwa kamu adalah perempuan yang luar biasa, dan selalu menjadi versi terbaik dari dirimu yang sebenarnya.

Jika kamu masih saja tak puas dengan kepercayaan dirimu, bacalah kisah-kisah inspiratif perempuan sukses lainnya. Opah Winfrey, Merry Riana, Sheryl Sandberg, Sri Mulyani, dan jutaan perempuan hebat lainnya memiliki kisah-kisah inspiratif yang bisa membangun semangatmu.

Memulai semangat tak melulu dari diri sendiri, kamu juga bisa memulainya dari orang lain. Kisah-kisah inspiratif dari mereka akan membuat pikiranmu semakin terbuka akan hakikat kehidupan dan kecantikan yang matang dari seorang perempuan.

Meski Sulit Ditaklukan, Kamu Bisa Cerita pada Sahabat

Inilah yang bisa kamu petik dari sebuah hubungan persahabatan. Kamu bisa meminta pendapat dari sahabat-sahabatmu tentang rasa percaya diri yang sedang kamu perjuangkan. Mintalah pendapat dan saran dari mereka atas dirimu saat ini.

Sepahit apapun yang dikatakannya, setidaknya itu bisa menyemangati langkahmu untuk menjadi yang terbaik dengan segala kerendahan hati. Jadilah versi terbaik dari dirimu sendiri, untuk kepribadian yang matang dan kecantikan fisik yang alami.

Jika kamu tidak merubahnya, maka perubahan tidak akan pernah terjadi. Untuk itu, belajarlah untuk menikmati segala proses pembentukkan diri menjadi pribadi yang lebih matang dan diandalkan. Tak hanya itu, pancaran kecantikan seorang perempuan pun tidak pernah lepas dari kecantikan fisik yang ia tunjukkan. Tak perlu berdandan tebal, kamu hanya perlu memulai perubahan melalui perawatan yang tepat untuk kulitmu.

Rutinlah mengkonsumsi sayur dan buah, serta konsumsi air putih yang cukup untuk menjadikan tubuh dan kulitmu senantiasa sehat. Gunakan produk-produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulitmu agar kesehatan dan kelembaban kulitmu selalu terjaga. Dengan begitu, kecantikan luar dan dalam akan terpancar seutuhnya.