Di tengah kebutuhan yang semakin banyak, bagaimana cara mengatur pengeluaran agar wajah tetap terawat sesuai dengan budgetnya?

Perawatan kecantikan kini telah menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap perempuan. Hal tersebut membuat perempuan mengeluarkan budget tertentu untuk perawatan kecantikannya secara rutin. Namun, bagaimana cara mengatur keuanganmu agar kondisinya tetap stabil meskipun menghabiskan banyak dana untuk perawatan kecantikan? Simak ulasannya disini!

Lihat Jumlah Keseluruhan Pendapatanmu

Ini menjadi langkah dasar untuk mengatur pengeluaranmu. Jumlahkan seluruh pendapatanmu jika memiliki lebih dari satu sumber, dan kurangi dengan pengeluaran-pengeluaran rutin lainnya seperti budget transport, tagihan, pajak, dan lain sebagainya.

Tentukan Jumlah Anggaran Perawatan yang Dialokasikan

Jika jumlah pendapatan bersihmu sudah didapat, kamu bisa menentukan berapa besar jumlah anggaran yang kamu tetapkan untuk perawatan kecantikanmu setiap bulan. Dengan demikian, kamu bisa menyesuaikan perawatan apa saja yang bisa kamu pilih atau lakukan. Pastikan kamu mengalokasikan anggaran perawatan tanpa mengesampingkan anggaran kebutuhan yang lain, ya!

Beli Produk Sesuai dengan Kebutuhan

Meskipun sudah ada anggaran, jangan membeli sesuatu hanya karena ‘lapar mata’. Pastikan kamu membuat shopping list untuk menentukan apa saja produk kecantikan yang harus atau ingin kamu beli. Caranya, dengan meninjau tentang produk apa yang sedang kamu butuhkan saat ini. Adanya daftar belanjaan akan membuat kamu tidak kalap saat membeli produk.

Manfaatkan Diskon dan Promo

freepik.com

Jika perawatan yang biasa kamu lakukan sedang diskon atau promo, jangan ragu-ragu untuk memanfaatkan momen tersebut. Namun, jangan mudah tergiur dengan diskon/promo dari produk yang tidak biasa kamu gunakan, ya. Jika tidak cocok, justru pada akhirnya akan menambah pengeluaranmu untuk memperbaiki kulit.

Buat Sistem Keuangan yang Paten

Jika kamu sudah merasa nyaman dan cukup dengan alokasi anggaran yang kamu buat, jadikan alokasi dana tersebut sebagai sistem keuangan yang paten dalam hidupmu.

Sesuaikan anggaran dengan pendapatan dan kebutuhan yang ada, usahakan jangan merubahnya kecuali pendapatanmu bertambah dalam jumlah yang banyak atau kebutuhanmu sedikit berkurang. Jika system keuangan sudah diatur seperti demikian, uangmu pun akan aman karena dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan yang ada.