“Skin tone aku apa sih?” Berikut ini enam cara mengetahui skin tone pada wajah, simak yuk!

Skin Tone dipengaruhi oleh kandungan pigment atau melanin yang ada dalam tubuh. Setiap orang memiliki kandungan yang berbeda-beda. Orang yang memiliki warna kulit yang sama belum tentu memiliki skin tone yang sama. Mengetahui skin tone pada wajah sangat penting karena dapat dijadikan acuan dalam memilih shade makeup, warna rambut, atau warna pakaian yang tepat. Nah, jika kamu belum mengetahui skin tone yang kamu miliki, segera cari tahu melalui keenam cara berikut ini.

Yellowish atau Pinkish

Sebelum melakukan pengamatan pada skin tone wajah akan lebih baik membersihkan wajah dengan air hangat dan produk cleanser terlebih dahulu. Biarkan kulit mengering dengan sendirinya selama 15 menit dan jangan gunakan pelembap/toner agar kulit tetap dalam kondisi netral.

Setelah itu berdirilah di bawah cahaya matahari yang netral tanpa bayangan dan pantulan warna lainnya. Sediakan kertas HVS A4 putih dan cermin, pegang kertas dan sejajarkan dengan wajah, amati warna kulit melalui cermin. Bandingkan dengan warna putih yang kontras pada kertas. Jika kulit kamu tampak kekuningan, maka kamu memiliki warm skin tone. Namun, jika kulit terlihat pinkish maka kamu memiliki cool skin tone.

Emas atau Perak

Untuk cara yang satu ini kamu perlu menyiapkan kertas, alumunium foil, atau aksesoris berwarna emas dan perak. Setelah itu dekatkan benda-benda tersebut dengan wajah secara bergantian. Warna yang tepat akan membuat wajah terlihat lebih sehat, sedangkan warna yang tidak tepat akan membuat kulit terlihat pucat dan grayish. Maka, kulit yang cocok dengan warna emas menandakan memiliki warm tone. Sedangkan jika terlihat lebih cocok dengan warna perak memiliki cool tone.

Pergelangan Tangan

Masalah kulit seperti jerawat dapat merubah tampilan kulit wajah dan membuat kesulitan untuk menentukan undertone kulit. Maka, kamu bisa gunakan metode yang menggunakan pergelangan tangan. Caranya, berdirilah di luar ruangan lalu posisikan pergelangan tangan menghadap sinar matahari. Jika pembuluh darah terlihat kehijauan, maka kamu memiliki warm skin tone. Jika pembuluh darah terlihat kebiruan, maka memiliki cool skin tone.

Belakang Telinga

Mintalah pertolongan orang lain untuk melihat warna kulit yang ada di belakang telinga saat berada di ruangan dengan penerangan yang baik.Jika bernuansa kekuningan berarti termasuk kategori warm, sedangkan jika berwarna pink atau kemerahan berarti masuk dalam kategori cool, dan jika terlalu sulit disimpulkan warna apa yang terlihat, maka termasuk kategori netral.

Baca juga: Tampil beda dengan Looke Wet Makeup Look sesuai Skin Tone

Manggunakan Lampu

Cobalah untuk berdiri di bawah lampu yang berbeda warna seperti warna kuning. Jika kulit terlihat lebih cocok berada di bawah lampu kuning berarti memiliki tone kulit hangat. Sebaliknya, jika kulit terlihat lebih cocok di bawah cahaya lampu putih berarti memiliki tone kulit dingin.

Skin Tone Netral

Kalau kamu masih menemui kesulitan untuk menentukan undertone yang kamu miliki dan orang-orang yang kamu mintai pendapat juga memberikan jawaban yang berbeda-beda, kemungkinan kamu memiliki skin tone yang netral. Kamu yang memiliki skin tone netral akan lebih mudah menemukan foundation yang cocok. Nah, Goddess juga bisa mencoba berbagai warna dalam memilih lipstik atau pakaian karena memiliki tingkat kecocokan lebih luas.

Image source: Freepik

Dengan keenam cara di atas Goddess sekarang tidak perlu lagi bingung dengan skin tone wajahmu. Mengetahui skin tone wajah tentunya akan sangat membantumu dalam menentukan makeup yang sesuai dengan kulit. Selamat mencoba!