Menumpuknya sel kulit mati tentunya dapat berakibat kulit menjadi kusam. Maka sebaiknya kamu segera melakukan perawatan terhadap kulitmu.

Menumpuknya sel kulit mati dapat berakibat kulit menjadi kusam, bahkan munculnya flek hitam. Untuk mengangkat sel kulit mati yang sudah terlanjur muncul, maka sebaiknya kamu segera melakukan perawatan terhadap kulitmu.

Dengan mencoba beberapa cara di bawah ini, bukan tidak mungkin jika sel kulit mati akan lebih mudah terangkat sehingga wajah mulus dan sehat bisa segera kamu miliki. Agar tidak semakin membuatmu penasaran, yuk, simak ulasannya sampai habis!

Basuh Dengan Air Hangat

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk meluruhkan sel mati yakni dengan eksofoliasi. Kamu dapat melakukan eksfoliasi secara alami dengan cara mengkompres wajahmu dengan air hangat.

Handuk hangat akan membuka pori-pori wajahmu dan mempersiapkan kulit untuk proses eksfoliasi. Rendamlah handuk dalam air hangat dan letakkan dengan lembut ke wajahmu. Tepuk pelan dan diamkan selama 1-2 menit.

Dengan pori-pori yang terbuka maka sel kulit mati yang tersumbat akan lebih mudah terangkat. Sapuan lembut dari handuk akan membantu pengikisan sel-sel kulit mati.

Gunakan Campuran Garam Laut

freepik.com

Siapa sangka, garam juga bisa kamu pakai sebagai cara untuk meluruhkan sel kulit mati. Garam memiliki butir kasar yang juga baik untuk pengelupasan sel-sel kulit mati pada wajah. Efeknya, kamu bisa merasakan kulit akan terasa segar dan ringan.

Garam bisa kamu gunakan sebagai scrub alami yang mampu mengangkat sel kulit mati. Oleskan pada wajah ataupun pada area kulit yang memiliki sel kulit mati. Lalu, lakukan pijatan ringan secara menyeluruh pada bagian tersebut. Pijatan ringan akan memberikan gesekan yang bekerja melonggarkan sel-sel kulit yang menua.

Cucilah Wajah Dengan Pembersih Yang Lembut

Setelah menggunakan handuk hangat, selanjutnya kamu bisa membersihkan wajah dengan jenis pembersih yang lembut. Pembersih wajah yang kamu gunakan setiap hari menjadi bagian dari perawatan kulit yang baik, lho. Sebab, membersihkan kulit akan semakin membantu membuka pori-pori dan mempersiapkan kulit wajah untuk eksfoliasi efektif.

Setelah dibersihkan, jangan lupa untuk mengeringkan wajah kembali, ya. Tepuklah wajah dengan handuk kering yang halus. Ingat, jangan menggosoknya terlalu keras, sebab hal tersebut justru dapat menimbulkan kerusakan pada kulit.

Eksfoliasi Kulit Secara Mekanik

Jika kamu menginginkan cara yang lebih praktis, pengelupasan sel kulit mati bisa juga kamu lakukan melalui eksfoliasi kulit secara mekanik. Eksfoliasi kulit ini biasanya bisa berupa scrub wajah, krim pembersih, atau partikel kasar.

Eksfoliasi jenis ini telah banyak tersedia di pasaran dan mudah digunakan kok. Eksfoliasi mekanik juga cocok digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Meski begitu, melakukan eksfoliasi mekanik tidak boleh dilakukan terlalu keras. Sebab hal ini justru mengakibatkan hilangnya lapisan luar kulit.

Maka akan lebih baik kamu menggunakan gerakan lembut saat melakukan eksfoliasi kulit. Apalagi jika kulitmu tipe kulit sensitif, berhati-hatilah saat melakukan gerakannya agar eksfoliasi tidak menimbulkan iritasi pada wajah.

Eksfoliasi Kulit Secara Kimia

Eksfoliasi kimia cenderung bekerja lebih baik daripada eksfoliasi fisik terutama untuk hasil jangka panjang karena dapat mengakses lapisan kulit yang lebih dalam. Eksfoliasi kimia bekerja dengan menghancurkan ikatan kimia yang nantinya melepaskan sel-sel kulit mati sehingga dapat diluruhkan dengan jauh lebih mudah.

Eksfoliasi kimia biasanya mengunakan cairan kimia untuk melelehkan lapisan kulit luar. Jadi bacalah label produk dengan saksama dan pilih salah satu yang cocok dengan jenis kulitmu. Pijatkan bahan eksfoliasi kimia dengan lembut. Lakukan dengan gerakan melingkar pelan menggunakan jari. Janganmenggosok terlalu keras supaya tidak terjadi kerusakan kulit yang tidak disengaja.

Jangan lupa untuk mencuci wajah dengan air setelah eksfoliasi selesai. Tepuk-tepuk dengan lembut hingga kering dan diamkan selama sekitar 5 menit. Kemudian akhiri dengan mengoleskan pelembap yang bisa menyegarkan wajahmu kembali.

Jangan Melakukan Eksfoliasi Setiap Hari

Kulit memerlukan waktu untuk menumbuhkan kembali lapisan paling atas setelah kamu melakukan pengelupasan. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, cukup lakukan eksfoliasi sekali atau dua kali saja dalam seminggu, ya!

Sementara bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dapat melakukan eksfoliasi 2-4 kali selama seminggu. Berhentilah melakukan eksfoliasi ketika terjadi iritasi dan luka pada kulit. Dan yang harus diingat, eskfoliasi juga akan meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Jadi, setelah melakukan eksfoliasi jangan lupa untuk selalu mengoleskan tabir surya sebelum pergi ke luar ruangan.