Musim pancaroba ternyata berdampak kurang baik bagi kulit. Tingkat kelembaban kulit menjadi tidak seimbang dan menyebabkan kulit mengelupas. Yuk, cegah kulit mengelupas saat pancaroba!

Musim pancaroba tentunya memberi dampak buruk untuk kulit. Salah satu yang paling sering dialami adalah kulit mengelupas. Kulit mengelupas disebabkan karena kondisi kulit sangat kering. Keringnya kulit timbul karena kulit tidak lagi bisa menyesuaikan tingkat kelembaban atau pH pada perubahan cuaca yang dihadapi. Biasanya, ini banyak terjadi pada kulit yang sensitif. Namun, sebelum semua terjadi, kamu bisa mencegah pengelupasan kulit dalam menghadapi musim pancaroba yang berlangsung belakangan ini. Simak ulasan berikut, ya!

  1. Bersihkan Wajah Minimal 2 Kali Sehari

Membersihkan wajah sebelum memoleskan riasan adalah hal wajib dilakukan. Untuk kulit yang sangat kering, gunakan facial wash yang berbentuk gel atau foam. Sementara bagi kulit berminyak, disarankan menggunakan facial wash dengan model sabun ataupun foam. Intensitas mencuci wajah pun perlu diperhatikan. Cukup 2 kali dan maksimal 3 kali saja dalam sehari. Yang paling penting, cuci wajahmu sebelum tidur.

  1. Aplikasikan Pelembap Sebagai Perlindungan Kulit

Kulit kering atau berminyak berlebihan bisa diantisipasi dengan pelembab. Penggunaan pelembab akan menjadi penyelamatmu dalam menstabilkan tingkat kelembaban kulit terhadap cuaca yang sedang terjadi.

Jika kelembaban kulit terjaga, kulit mengelupas pun bisa dihindari.Oleskan pelembab secara merata setelah mencuci wajah. Untuk pelembab kulit bagian tubuh, kamu bisa menggunakan body lotion yang mengandung moisturizer. Pelembab alami cepat meresap hanya dalam hitungan detik!

  1. Gunakan Masker Alami untuk Mengontrol Produksi Minyak Wajah

Tak lupa, kamu juga perlu rajin merawat kulit dengan menggunakan masker. Kamu bisa menggunakan masker-masker yang tersedia di pasaran atau akan lebih baik jika kamu rutin meracik masker alami sendiri.

Penggunaan masker dapat menjaga kulit agar tetap terhidrasi, dengan produksi minyak yang seimbang setiap harinya.  Ada banyak pilihan masker buah dan sayur untuk bisa kamu olah menjadi nutrisi bagi kulitmu. Untuk kasus kulit mengelupas, masker minyak zaitun dan madu menjadi yang paling sering digunakan. Kedua bahan ini memang terkenal dengan fungsi melembabkan.

  1. Rawat Kulit dengan Lebih Insentif

Jika kulitmu terasa sensitif terhadap perubahan cuaca, tentu kamu harus melakukan usaha lebih agar kulitmu terhindar dari masalah. Merawat kulit lebih intensif bisa kamu lakukan dengan melengkapi perawatan wajah yang kompleks untuk berbagai macam fungsi, beberapa diantaranya ialah melindungi dan memperbaiki.

  1. Perbanyak Konsumsi Air Putih dan Buah

Porsi minum air putih yang cukup serta mengonsumsi buah dan sayuran segar dapat membantu mengatasi kulit mengelupas. Hal ini terjadi karena nutrisi dan cairan di dalamnya mampu memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kekebalan kulitmu terhadap perubahan cuaca yang tidak menentu. Dengan asupan vitamin A, E, C serta cairan yang cukup, kulit akan terhidrasi dengan baik dan meminimalisir munculnya kulit kering. Dengan begitu, kulit mengelupas pun tidak datang lagi.