Ada banyak persiapan untuk menghadiri job interview. Bila Goddess sudah siap dengan hal-hal yang substansial, kini waktunya memikirkan soal penampilan. Berikut ini 4 do & don’t makeup untuk job interview.

Penampilan akan menentukan kesan pertama saat Goddess melakukan job interview. Selain memilih outfit yang tepat dengan kantor tempatmu melamar pekerjaan, tak ada salahnya bila Goddess juga membubuhkan makeup untuk memaksimalkan penampilan. Salah mengaplikasikan makeup akan menciptakan kesan buruk atau negatif pada dirimu saat melakukan job interview. Makeup yang seharusnya dipakai untuk menyempurnakan kecantikanmu serta mengoreksi kekurangan wajahmu malah menjadi bumerang yang berakibat tidak diterima saat interview. Nah, kamu bisa simak do & don’t makeup untuk job interview berikut ini!

  1. Hindari Makeup Base yang Tebal

Makeup tebal dengan warna-warna bold kurang sesuai untuk dipilih saat kamu menghadiri job interview. Bukan berarti kamu tidak boleh memakai makeup tetapi cukup memakai makeup yang terlihat natural. Untuk mendapatkan look natural, kamu bisa mengandalkan warna lipstik nude hingga mauve seperti Holy Lip Creme Hebe dan Irene. Goddess harus memperhatikan posisi yang kamu incar dan mengerahkan pemikirian, waktu, dan upaya untuk tampil sebaik-baiknya.

Kamu bisa memilih foundation yang ringan dan menggunakannya secara tipis-tipis. Untuk menyamarkan bekas jerawat dan lingkaran hitam pada mata, sebaiknya kamu menggunakan concealer secara tipis dengan menggunakan bantuan cotton bud untuk mengontrol banyaknya concealer yang digunakan.

Image Source: Cosmopolitan ID

Namun, jika kamu tidak memiliki masalah kulit yang perlu ditutupi seperti jerawat dan noda hitam, akan lebih baik lagi jika kamu memilih base makeup yang ringan seperti BB cream. Jangan lupa juga untuk memilih base makeup dengan warna yang sesuai dengan warna kulitmu ya, Goddess. Agar wajahmu tidak terlihat seperti memakai topeng dan belang dengan warna kulit tubuhmu.

  1. Gunakan Makeup Mata yang Simpel

Eye makeup memang sangat penting untuk menampilkan efek segar dan tidak kuyu. Namun, bukan berarti kamu boleh menggunakan makeup mata yang berlebihan ya Goddess. Cukup gunakan eye makeup yang simple dengan warna yang natural.

Eyeshadow matte dan non shimmer sangat direkomendasikan untuk tampilan profesional karena eyeshadow yang glittery akan terlihat terlalu glamor untuk job interview. Pilih juga eyeshadow dengan warna-warna yang soft dan natural seperti nude pink atau soft brown agar tampilanmu tidak terlihat menor. Kamu juga bisa membuat gradasi warna pada kelopak matamu dengan menggunakan varian eyeshadow berwarna cokelat. Jangan lupa untuk mem-blend semua warnanya agar gradasinya terlihat halus.

Untuk eyeliner sebaiknya pilih eyeliner pencil atau liquid yang mudah diaplikasikan. Lalu rapikan juga alis sesuai dengan bentuk wajah dan bentuk dengan pensil alis atau brow powder agar hasilnya lebih natural.

  1. Gunakan Lipstik dan Blush On dengan Warna yang Soft

Perhatikan juga bibirmu agar saat job interview penampilanmu terlihat meyakinkan. Sebaiknya kamu menggunakan warna lipstik yang lembut dengan sentuhan warna soft pink. Jangan pernah menggunakan lipstik berwarna bold seperti warna merah ataupun shocking pink. Warna nude lipstick juga sebaiknya dihindari karena bisa membuat penampilanmu terlihat pucat dan kusam. Lalu, lipstik yang terlalu glossy juga bisa merusak penampilanmu karena membuat bibirmu terlihat berminyak.

Nah, lipstik warna natural yang cocok untuk kamu pakai saat job interview adalah Holy Lip Creme Irene dari Looke. Selain mempercantik bibirmu, Holy Lip Creme Irene ini bisa juga kamu aplikasikan sebagai blush on. Dengan menggunakan blush on berwarna pink ini, pipimu akan terlihat lebih segar dan fresh ketika job interview. Warna soft pink ini akan terlihat natural dan segar di wajahmu, Goddess. Hindari juga penggunaan blush on dengan warna gelap karena akan membuat tampilanmu terlihat lebih tua dan tidak fresh. Do & don’t makeup untuk job interview yang satu ini harus kamu perhatikan ya Goddess!

  1. Selalu Tampil dengan Rambut yang Rapi

Walaupun tidak termasuk makeup, tapi soal rambut tetap layak ya kita masukkan ke dalam list do & don’t makeup untuk job interview? Soal mencuci rambut, sebaiknya kamu mencuci rambut dan mengeringkannya pada malam hari sebelum interview, jadi kamu tidak akan terlambat untuk mengatur rambutmu di pagi harinya. Kalau rambutmu panjang, pastikan rambutmu tidak tergerai dan berantakan agar tidak mengurangi point penampilanmu. Karena itu, kamu juga harus memastikan rambutmu selalu rapi. Sebaiknya, kamu menguncir rambutmu ke belakang dengan gaya ponytail atau bun. Alternatif lainnya, kamu bisa menjepit bagian samping rambutmu dengan bobby pin agar tidak berjatuhan ke depan. Gaya rambut yang rapi ini akan memunculkan kesan profesional pada penampilanmu.

Itu dia empat tips agar penampilanmu terlihat profesional saat mengikuti job interview. Dengan memerhatikan do & don’t makeup untuk job interview tersebut semoga jalanmu mendapatkan pekerjaan impian menjadi lebih mudah! Selamat mencoba.