Siku dan lutut sering terlewatkan perawatannya. Tak heran jika lulut dan siku menjadi gelap warnanya. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada bahan alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan siku dan lutut.

Siku dan lutut yang hitam menjadi salah satu masalah yang dialami banyak wanita. Hal ini menyebabkan kamu merasa kurang percaya diri saat memakai rok mini atau celana pendek. Hitamnya lutut dan siku ini disebabkan karena kulit di sekitar siku dan lutut lebih tebal dan memiliki banyak lipatan dibanding bagian kulit lain. Selain itu, area ini juga memiliki kelenjar minyak yang lebih kering. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami.

  1. Batu Apung

    pexels.com

Batu apung sudah dikenal mampu membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang gelap. Sebaiknya kamu mandi menggunakan air hangat sambil menggosok lutut dan siku menggunakan batu apung. Kamu bisa menggunakan gerakan melingkar sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. Setelah itu, bilas kulitmu dengan air dingin. Jangan lupa juga mengaplikasikan pelembap agar kulit menjadi lebih halus.

  1. Minyak Zaitun

    pxhere.com

Kamu bisa mencampurkan dua sendok makan minyak zaitun dengan dua sendok makan gula lalu aduk hingga merata. Setelah jadi, oleskan campuran ini pada bagian lutut dan siku yang gelap. Gosok dengan gerakan memutar selama kurang lebih 5 menit. Dengan rutin melakukannya, perubahan yang didapat akan terlihat lebih cepat.

  1. Lidah Buaya

    pixabay.com

Lidah buaya sudah dikenal dengan berbagai manfaatnya. Ternyata tanaman serba guna ini dapat membuat lutut menjadi lebih cerah dan memberikan perlindungan dari sinar UV. Potong daun lidah buaya dan oleskan gel lidah buaya sebanyak dua kali sehari pada lutut dan siku. Setelah 15-20 menit kamu bisa membilasnya dengan air hangat.

  1. Cuka Apel

    pexels.com

Kandungan asam asetat dari cuka apel mampu bekerja sebagai bahan pemutih alami yang dapat mengelupas kulit dan mencerahkannya. Kamu bisa merendam kapas ke dalam air yang sudah dicampur beberapa sendok cuka apel. Setelah itu aplikasikan kapas ke bagian siku dan lutut sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu. Tunggu selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

  1. Timun

    pixabay.com

Kandungan pemutih alami pada timun juga mampu mencerahkan siku dan lutut yang gelap. Timun akan membantu menjaga kulit tetap lembap dan menghilangkan kotoran dari lapisan kulit luar. Caranya mudah, kamu bisa gosokkan irisan timun ke bagian siku dan lutut selama 10 menut. Tunggu selama lima menit lalu bilas dengan air dingin.