Merasa sudah sering mencuci muka, namun jerawat masih sering muncul? Awas, bisa jadi kebiasaan buruk sebelum tidur ini seringkali kamu lakukan!

Membicarakan jerawat memang tidak pernah ada habisnya. Ketika wajah sudah bebas jerawat, esoknya jerawat pun timbul kembali. Sebenarnya apa sih penyebab timbulnya jerawat tersebut? Penyebab jerawat memang beragam dari stres, pengaruh hormon, makanan, maupun genetik. Namun, selain beberapa hal tersebut kebiasan yang sering kamu lakukan juga bisa jadi penyebabnya. Berikut 5 kebiasaan buruk sebelum tidur yang menimbulkan jerawat.

  1. Menggunakan Hand Cream Sebelum Tidur

    freepik.com

Mungkin kamu bingung mengapa hand cream menjadi salah satu penyebab jerawat. Ternyata beberapa orang sering menyenderkan wajahnya pada tangan saat tidur. Padahal kandungan yang terdapat pada hand cream diformulasikan khusus hanya untuk tangan, bahkan kerap mengandung fragrance atau pewangi yang berpotensi menyebabkan iritasi dan masalah pada kulit. Jadi, jika kamu memiliki kebiasaan menggunakan hand cream atau body lotion di area tangan sebelum tidur dan menjadikan tangan sebagai bantal jangan heran jika ada jerawat yang muncul setelah tidur.

  1. Jarang Mengganti Seprai dan Sarung Bantal

    freepik.com

Selain bisa menjadi sarang tungau, menggunakan seprai terlalu lama akan menimbulkan jerawat. Misalnya kamu baru saja berkegiatan di luar rumah, kemudian langsung merebahkan diri di atas bantal, bayangkan seberapa banyak kotoran yang menempel pada sarung bantal tersebut. Apalagi jika kamu sudah tidak mengganti seprai dan sarung bantal selama 1 tahun tentu saja berbagai kotoran, bakteri, debu, dan minyak akan bersarang. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mengganti seprai dan sarung bantal secara berkala. Paling tidak 2 minggu sekali, sehingga kotoran dan debu pun tidak akan menumpuk pada kasur dan menyebabkan jerawat.

  1. Makan dan Minum di Tempat Tidur

    freepik.com

Kebiasaan buruk yang ini berkaitan dengan masalah kebersihan tempat tidur. Kalau kamu memiliki kebiasaan makan di kasur, remah-remah makanan yang tertinggal dapat membuat kasur cepat kotor. Hal ini mengakibatkan wajah akan rentan dengan kehadiran jerawat. Selain kebiasaan makan di tempat tidur, makan sebelum tidur juga dapat menjadi penyebab jerawat. Sebab sisa-sisa makanan akan menempel pada sekitar area mulut lalu sisa makanan ini dapat menempel pada sarung bantal. Kemudian sisa makanan tersebut kembali menempel pada area wajah.

Baca Juga : 4 Kebiasaan yang Membuat Lebih Semangat dalam Menyambut Pagi Hari 

  1. Penggunaan Detergen yang Salah

    freepik.com

Untuk mencegah terjadinya jerawat, mencuci sprei dan sarung bantal secara berkala memang sudah kewajiban. Namun, kamu juga harus memperhatikan detergen yang kamu gunakan. Perhatikan kandungan detergen yang akan kamu gunakan untuk menghindari iritasi atau reaksi alergi pada kulit sensitif. Selain itu, kamu juga tidak boleh menggunakan detergen terlalu banyak. Sebab penggunaan detergen yang berlebihan dapat menimbulkan residu pada kain, yang bukan hanya menyebabkan jerawat namun dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

  1. Tidur dengan Rambut Kotor

    freepik.com

Jika sebelum pulang ke rumah kamu berkendara dengan sepeda motor tanpa menggunakan helm lalu langsung tidur tanpa keramas terlebih dahulu. Tentunya kotoran dan polusi yang menempel pada rambut akan menempel pada wajah. Untuk menghindari menempelnya kotoran pada rambut ke wajah, usahakan untuk keramas secara rutin, atau ikat longgar rambut agar tidak bertebaran dan menempel pada wajah.

Itu dia 5 kebiasaan buruk sebelum tidur yang dapat menimbulkan jerawat di wajahmu. Maka dari itu kamu harus hentikan kebiasaan-kebiasaan tersebut agar wajah bebas dari jerawat. Selain itu, kamu juga harus selalu ingat untuk membersihkan wajah agar wajah tetap sehat dan terawat.