Wajah berjerawat memang menyebalkan dan membuat terlihat tidak sempuna. Nah, beberapa hal sepele ini bisa membuat wajah berjerawat loh. Apa saja sih?

Memiliki kulit yang bersih dan sehat adalah dambaan semua orang. Namun, kulit yang kotor akan membuat jerawat muncul. Wajah yang kotor ini menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat pada wajah. Nah, beberapa hal sepele ini yang membuat wajah berjerawat. Apa saja sih itu?

freepik.com
  1. Malas Mengganti Sarung Bantal

Banyak orang tidak sadar, tapi sarung bantal yang jarang diganti bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah. Sebaiknya, sarung bantal diganti setiap seminggu sekali. Hal ini dikarenakan, kulit mati dan kotoran pada rambut akan menempel di sarung bantal saat tidur. Lama kelamaan, kotoran akan menumpuk dan menempel di kulit wajah. Maka dari itu, kamu tidak boleh mengganti sarung bantal agar wajah tidak jerawatan.

  1. Layar Handphone Kotor

Handphone pasti menjadi salah satu barang yang paling sering kamu bawa ke mana saja. Karena sering dibawa ke berbagai tempat, handphone pasti mudah kotor dan dipenuhi kuman. Handphone yang kamu pegang setelah makan, naik kendaraan umum, hingga setelah ke toilet akan menempel di pipi saat kamu menerima telepon. Kuman dan kotoran ini akan berpindah dari layar handphone ke wajah dan menyebabkan munculnya jerawat.

  1. Rambut yang Kotor

Banyak dari kamu yang tidak percaya kalau tidak hanya kulit wajah kotor yang menyebabkan jerawat, tapi rambut yang kotor bisa menjadi salah satu penyebabnya. Saat rambut tergerai, kotoran yang menumpuk pada rambut bisa menempel ke kulit. Selain itu, kotoran pada rambut bisa menempel saat kamu sedang tidur dan tak sengaja menempelkan wajah di rambut yang kotor. Maka, kamu harus selalu menjaga kebersihan rambutmu ya.

  1. Sering Menyentuh Wajah

Meski tangan terlihat bersih, bukan berarti tanganmu bebas kuman. Tangan ini adalah salah satu bagian tubuh yang banyak mengandung kuman karena sering menyentuh permukaan benda. Kamu pasti pernah menyentuh bagian wajah tanpa cuci tangan secara tak sengaja. Nah, berbagai kotoran dan kuman ini bisa menyebabkan jerawat di wajah. Jadi, kurangi kebiasaan memegang wajah wajah sebelum mencuci tangan ya.

  1. Spons dan Brush Makeup

Untuk kamu yang suka menggunakan makeup, penting untuk menjaga kebersihan sponge dan brush makeup. Sisa makeup dan kulit mati yang mengendap di sponge dan brush dapat menimbulkan bakteri yang memicu tumbuhnya jerawat di wajah. Jadi, selalu luangkan waktu untuk mencuci dan membersihkan peralatan makeup setidaknya setiap seminggu sekali ya.