Perutmu buncit dan membuat tidak percaya diri? Bisa jadi kamu melakukan kebiasaan buruk yang menyebabkan perut buncit loh!

Tidak bisa dipungkiri, perut buncit dapat menurunkan rasa percaya diri. Tumpukan lemak pada bagian perut bisa menyebabkan perut tampak membesar dan kurang menarik dipandang. Ternyata terdapat beberapa faktor pemicu munculnya perut buncit. Sebelum kamu mengalaminya, sebaiknya kamu baca artikel di bawah ini dengan seksama. Siapa tahu perutmu jadi buncit karena kebiasaan ini!

  1. Kurang Tidur

Nah, siapa yang suka begadang? Salah satu faktor pemicu perut buncit adalah kurang tidur. Sebab, jam tidur yang kacau akan berdampak serius ke lemak di sekitar pinggang. Hal ini diperkuat dengan hasil studi dari American Journal of Epidemiology yang menyatakan jika kamu kurang tidur, kamu kamu lebih mengonsumsi 300 kalori berlebih per harinya. Itulah sebabnya mengapa tidur minimal 6 jam sehari sangat dianjurkan. Bahkan lebih baik kamu bangun lebih pagi daripada harus begadang di malam hari.

  1. Duduk Sepanjang Hari

    freepik.com

Bagi kamu yang memiliki aktivitas duduk sepanjang hari, sebaiknya mulai memikirkan untuk rajin berolahraga. Ya, saat kamu duduk sepanjang hari, lemak akan menumpuk pada bagian perut. Lama kelamaan mengakibatkan perut menjadi maju alias buncit.

Oleh karena itu, olahraga sangatlah penting. Dengan rutin olahraga tidak hanya perut buncit yang dapat kamu cegah, namun juga membuat tubuh sehat dan kuat. Olahraga teratur akan membuat lemak berlebih di dalam tubuh terbakar, sehingga perut pun menjadi rata dan menarik.

  1. Konsumsi Makanan Berlemak

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak juga menjadi penyebab utama perut buncit. Soalnya, makanan berlemak merupakan jenis makanan yang sulit dicerna olegh pencernaan bahkan ada beberapa jenis lemak yang tidak dapat dicerna oleh tubuh.

Untuk itu, perhatikan pola makananmu ya girl! Sesekali boleh lah mengkonsumsi makanan berlemak seperti daging, susu, ataupun gorengan. Namun ingat, jangan keblabasan! Setelah itu bisa-bisa perut melar nanti yang kamu dapatkan.

  1. Ngemil di Malam Hari

    freepik.com

Ngemil memang terasa sangat asyik sekali apalagi ditambah dengan bencengkraman bersama teman ataupun nonton film. Namun, kebiasaan ngemil bukanlah suatu yang sehat apabila dilakukan terus menerus dalam jumlah yang banyak. Apalagi jika kebiasaan ngemil kamu lakukan pada malam hari.

Cemilan yang kamu makan biasanya mengandung pemanis buatan, lemak dan kalori yang cukup tinggi. Dampaknya tidak hanya berat badan yang akan bertambah, tapi juga perutmu tumbuh subur dan membuncit. Sebaiknya, ganti cemilan dengan mengonsumsi buah-buahan yang lebih aman dan tidak menimbulkan masalah dibandingkan cemilan yang mengandung banyak lemak.

  1. Makan Terlalu Malam

Makan terlalu larut malam justru berdampak tidak baik pada pencernaanmu. Saat larut malam, tubuh tidak bisa mengkonversi lemak menjadi energi terlebih ketika kamu sedang tidur.

Terlepas dari kelebihan lemak, terlambat makan makan juga dapat memicu gangguan pencernaan. Jadi sebaiknya kamu cermati jam makan malam mu. Usahakan jangan sampai lebih dari pukul 8 malam. Sebab di jam-jam tersebut, metabolisme tubuh mulai turun dan istirahat.

  1. Stres

Terlalu banyak pikiran bisa menyebabkan perutmu buncit, lho. Stres ternyata mempengarungi lemak di sekitar pinggang. Hal ini dipicu oleh hormon stres kortisol dapat berkerja lebih keras ketika kamu stres. Hormon stres kortisol dapat bertanggung jawab terhadap akumulasi lemak visceral di sekitar bagian tubuh kamu. Apabila kamu memiliki masalah, cobalah bermeditasi, lakukan relaksasi, dan berbincanglah dengan orang terdekatmu supaya stres dapat berkurang.

  1. Konsumsi Minuman Bersoda

Kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda bisa menjadi penyebab perut buncit lho. Karena minuman bersoda mengandung gula tinggi, dan juga tidak baik untuk kesehatan ginjal. Untuk itu, sebaiknya kamu tidak banyak minum soda agar tubuh sehat dan terhindar dari perut buncit.

Gantilah dengan konsumsi air putih minimal 1,5 liter per hari. Selain menyehatkan, air putih dapat berperan sebagai detoksifikasi alami bagi tubuhmu. Dengan begitu racun-racun bersarang di dalam tubuhmu dapat dibuang melalui keringat ataupun buang air kecil.

Tubuh yang ideal dimulai dari kebiasaan yang sehat. Jadi, tak ada kata terlambat untuk mewujudkan pesona cantik alami dari dalam dirimu. Karena tubuh yang sehat tanpa perut buncit adalah pilihan!