Bulan Ramadan memang berkaitan dengan puasa. Tidak hanya untuk memperdalam iman saja tetapi berpuasa juga memberi manfaat untuk tubuh. Apa saja sih manfaat dari berpuasa ini?

Bulan Ramadan adalah bulan yang paling dinantikan oleh umat Muslim. Di bulan suci ini, ibadah puasa memang menjadi kewajiban untuk mereka yang sanggup melakukannya. Ternyata dengan berpuasa ada banyak manfaat untuk tubuh yang akan kamu rasakan. Nah, apa saja sih manfaat dari berpuasa ini? Yuk, simak!

freepik.com
  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa juga dapat mendorong protein yang disebut dengan neurotropik. Selain meningkatkan fungsi otak, protein ini juga menurunkan risiko penyakit depresi, demensia, alzheimer, dan penyakit lainnya.

  1. Menyehatkan Jantung

Berpuasa membuat kadar kolesterol dalam darah menurun. Dengan turunnya kadar kolesterol dalam tubuh, kondisi jantung dan tubuh akan menjadi lebih baik. Hal ini akan membantu jantung menjadi lebih sehat.

  1. Menurunkan Berat Badan

Tubuh akan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi saat sedang berpuasa. Hal ini akan membuat tubuh membakar sel-sel lemak sehingga penurunan berat badan dapat terjadi. Sebaiknya selalu kendalikan asupan makanmu saat berbuka puasa.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat berpuasa, sel-sel induk yang berguna akan memperbaharui sel darah putih. Hal ini akan membuat sistem kekebalan tubuh semakin meningkat.

  1. Mempercepat Metabolisme

Sistem pencernaan akan beristirahat selama kamu berpuasa. Hal ini akan membuat sistem pencernaan jadi lebih sehat dan fungsi usus akan menjadi lebih baik. Hal ini akan membuat metabolisme akan berjalan lebih cepat. Selain itu, puasa juga memicu kenaikan human growth hormone atau hormon pertumbuhan yang berperan penting dalam mengatur metabolisme.

  1. Membersihkan Kulit

Ketika berpuasa sistem pencernaan tidak melakukan pekerjaannya jadi tubuh akan fokus pada energi regeneratif pada sistem lain. Salah satunya adalah dengan membersihkan kulit wajah dengan cara mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran pada darah sehingga wajah bisa lebih mulus dan bebas jerawat.

  1. Membantu Proses Detoksifikasi

Ketika puasa tubuh tidak mengonsumsi apapun selama seharian jadi sistem pencernaan juga terbebas dari kerja berat. Hal ini akan membantu pelepasan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan fungsi organ seperti hati dan ginjal. Alhasil, tubuh tidak hanya sehat tetapi juga terasa bugar.