Ada banyak jenis bedak yang dijual di pasaran. Namun, apa saja perbedaannya? Berikut ini beberapa jenis bedak dan fungsinya!

 

Bisa dibilang, bedak adalah beauty product yang wajib dimiliki oleh setiap beauty enthusiast. Bedak juga menjadi salah satu produk makeup yang kerap digunakan hampir setiap saat. Namun, banyak di antara kita yang kesulitan untuk memahami fungsi setiap jenisnya karena produk bedak di pasaran memang ada banyak. Setiap jenis bedak memiliki fungsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas jenis-jenis bedak yang dijual di pasaran beserta fungsinya. Yuk, kita simak bersama!

Loose Powder

Loose powder atau yang sering disebut dengan bedak tabur memiliki tekstur lembut ketika diaplikasikan. Biasanya bedak jenis ini dikemas dalam bentuk jar atau tub. Loose powder ini bisa dijadikan pilihan untuk daily makeup karena hasilnya lebih natural dan menyatu dengan kulit. Hal ini disebabkan karena teksturnya sangat halus dan partikelnya lebih kecil sehingga dapat menutup pori-pori dengan baik.

Bedak jenis ini biasanya digunakan setelah pengaplikasikan foundation. Loose powder ini cocok untuk semua jenis kulit baik kulit normal, kombinasi, berminyak maupun kering. Meski mudah digunakan bedak jenis ini agak sulit dibawa bepergian karena tidak begitu praktis dan mudah tumpah. Selain itu, loose powder biasanya memiliki coverage dan staying power yang rendah. Oleh karena itu, bedak jenis ini tidak direkomendasikan untuk dipakai tanpa tambahan bedak padat saat Goddess harus menghadiri acara penting dan perlu full makeup.

Image source: Unsplash

Translucent Powder

Bedak yang satu ini sesungguhnya termasuk loose powder, namun memiliki sedikit perbedaan yang membuat fungsinya juga berbeda. Translucent powder sering disebut bedak transparan karena saat diaplikasikan ke kulit, bedak ini tidak mengubah warna kulitmu ataupun mengubah warna base makeup di wajahmu. Di samping itu, transculent powder tidak memiliki coverage, tetapi bisa berfungsi untuk membuat makeup lebih awet karena menahan minyak pada kulit. Bedak ini juga bisa membantuk menyamarkan pori-pori yang besar.

Karena memiliki kemampuan untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah, Translucent powder ini biasa digunakan sebagai setting powder. Transculent powder ini direkomendasikan untuk digunakan menyempurnakan base makeup-mu sehingga menjadi lebih tahan lama dan flawless.

Pressed Powder/Compact Powder

Pressed powder/compact powder adalah bedak yang dipadatkan atau dipress kedalam kemasan berbentuk compact. Jenis bedak ini memang merupakan idola sejuta wanita karena kemasannya yang praktis untuk dibawa dan isinya tidak akan tumpah. Selain efisien dan praktis untuk dibawa, bedak ini memiliki partikel yang padat dan kecil sehingga dapat tahan lama sejak pengaplikasiannya ke wajah. Namun, karena partikelnya yang padat, bedak jenis ini tidak disarankan untuk kulit berjerawat dan sensitif, karena bedak jenis ini dapat menutup pori-pori.

Two Way Cake Powder

Bedak jenis memiliki fungsi yang berbeda dari jenis bedak lainnya. Bedak ini berfungsi memberikan efek mirip dengan foundation. Kemasan bedak ini hampir sama dengan compact powder namun memiliki fungsi yang berbeda. Bedak ini memiliki formula yang berminyak dan berat, sehingga hasil pemakainnya sama seperti foundation. Keuntungan dari bedak ini, kamu bisa mengaplikasikannya sebagai bedak atau foundation.Two way cake akan menghasilkan tampilan matte yang tahan lama, serta memiliki daya coverage yang tinggi. Selain bisa menutup ruam pada wajah, bintik hitam, dan bekas jerawat juga dapat ditutup. Sebaiknya two-way cake powder tidak dipakai setiap hari, karena berpotensi menutup pori dan menimbulkan jerawat kalau tidak membersihkan wajah dengan baik.

  1. Banana Powder

Bedak yang satu ini dinamakan banana powder karena warnanya yang kekuningan. Namun, bukan berarti bahwa wajah penggunanya juga akan menjadi kuning. Bedak ini memiliki 3 fungsi sekaligus yaitu sebagai highlighter, setting powder, dan mengoreksi riasan. Tekstur bedak ini sangat halus mirip dengan translucent powder. Namun, saat dibubuhkan ke kulit tidak terlihat tebal dan warnanya hampir transparan saat diaplikasikan. Bedak ini bersifat matte maka dapat digunakan sebagai finishing pada akhir riasan, bisa juga sebagai highlighter pada bagian tertentu, atau diaplikasikan ke seluruh wajah untuk mengunci makeup.

Image source: Freepik

Pilihlah jenis bedak dan warna yang cocok untukmu. Baurkan dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat, Goddess!