Berkembangnya industri kecantikan selalu menawarkan perawatan yang lebih modern. Salah satunya adalah chemical peeling. Sebenarnya apa sih chemical peeling itu?

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, tentunya industri kecantikan juga turut berkembang pesat. JIka kamu mengunjungi berbagai pusat kecantikan, kamu akan ditawari berbagai jenis perawatan wajah yang diklaim ampuh. Nah, salah satu jenis perawatan itu adalah chemical peeling. Sebenarnya chemical peeling itu apa sih? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

freepik.com

Pengertian Chemical Peeling

Chemical peeling adalah metode perawatan tubuh yang dilakukan dengan teknik pengelupasan kulit secara kimia untuk memperbaiki dan menghaluskan tekstur kulit. Biasanya metode ini menyebabkan pengelupasan kulit mati serta terjadinya regenerasi kulit dari penuaan dini.

Namun, akan lebih baik jika kamu menggunakan jenis produk chemical peeling tertentu untuk berkonsultasi dengan para ahli seperti dokter kulit, aesthetician, ahli bedah plastik sebelum prosedur ini dilakukan. Dengan berkonsultasi terlebih dahulu akan menjauhkan kamu dari risiko iritasi kulit karena kondisi kulit setiap orang berbeda-beda.

Cara Kerja Chemical Peeling

Chemical peeling dilakukan dengan cara mengoleskan cairan kimia yang sudah diracik di laboratorium pada kuit wajah. Setiap prosedur bisa menggunakan cairan kimia yang berbeda-beda, tapi pada dasarnya bahan utama yang digunakan adalah asam glikolat atau asam trikloroasetat. Bahan kimia ini membunuh jaringan-jaringan kulit serta mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit mengelupas. Kulit lama yang mengelupas akan digantikan oleh kulit baru yang lebih lembut, bersih dan sehat.

Manfaat Chemical Peeling

Chemical peeling memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Salah satu manfaat chemical peeling adalah menghilangkan bekas jerawat. Metode chemical peeling ini akan mengatasi bekas jerawat dengan menggunakan bahan anti acne untuk membantu mengatasi jerawat yang masih aktif, menyamarkan bekas jerawat, mengontrol kadar minyak pada kulit wajah, serta membantu mengatasi pori pori besar. Manfaat lainnya dari chemical peeling adalah mengatasi penuaan kulit. Dengan penggunaan peeling, kulit akan mengelupas dan mengatasi garis halus, keriput atau liver spot.

Itu dia penjelasan mengenai perawatan kulit chemical peeling. Sebenarnya hal ini tidak berbahaya asalkan kamu tahu cara yang benar dan produk yang kamu gunakan aman untuk kulit.