Ada banyak jenis jilbab dengan beragam material berbeda yang dijual di pasaran. Namun, jenis bahan jilbab seperti apa yang paling nyaman dikenakan saat Ramadhan? Simak jenis-jenis bahan jilbab yang nyaman dipakai saat bulan puasa berikut ini!

 

Cuaca panas yang cukup ekstrem membuat wanita lebih memilih menggunakan hijab yang mampu memberikan efek lebih dingin dan nyaman. Namun, tidak semua bahan hijab yang kamu pakai cocok dikenakan saat cuaca panas seperti belakangan ini. Ada beberapa bahan yang cenderung menjebak panas pada kulit, memantulkan panas kembali ke tubuh, dan menghambat keluarnya udara panas. Pemilihan bahan hijab yang tepat sangat berperan penting agar aktivitas  tidak terganggu. Terutama saat bulan Ramadhan seperti saat ini. Berikut lima jenis bahan jilbab yang nyaman dipakai saat bulan puasa.

  1. Bahan Voal

Bahan hijab voal adalah kain voille yang memiliki beragam warna dan motif. Sifatnya semi transparan, tipis tetapi jika dilipat tidak akan menerawang. Kain voille ini kebanyakan terbuat dari 100% katun. Akan tetapi, ada juga variasi kain voille yang terbuat dari kombinasi serat rayon, linen, silk, dan polyester.

Bahan hijab voal memiliki serat yang lembut dan dapat menyerap keringat dengan baik. Inilah kunci mengapa bahan ini sangat nyaman untuk dikenakan pada kegiatan sehari-hari oleh para selebgram hijab. Seratnya yang lembut juga membuat hijab voal memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tidak membuat yang memakainya kegerahan. Tak heran kalau voal termasuk jenis bahan jilbab yang nyaman dipakai saat bulan puasa. Karena kenyamanan yang ditawarkannya, jilbab berbahan voal umumnya juga dijual dengan harga lebih mahal. Terutama bila memiliki pattern unik atau eksklusif.

 

  1. Bahan Paris

Terkadang jilbab voal dan paris dianggap sama, padahal kedua jenis jilbab ini sangatlah berbeda. Bahan jilbab paris lebih transparan dibandingkan dengan bahan voal. Tekstur kain jilbab paris juga tidak serapi serat kain voal, bisa dilihat setelah dicuci bahan jilbab paris ini cenderung kusut dan perlu disetrika. Hal ini disebabkan oleh bahan jilbab paris ini yang lebih lemas sehingga mudah kusut ketika digunakan.

Jilbab bahan paris ini sangat cocok dipakai saat bulan puasa karena bahan jilbab paris yang transparan dan tipis. Jenis kain paris ini sangat halus sehingga nyaman digunakan saat cuaca panas karena tidak menimbulkan rasa panas sehingga cocok digunakan saat bulan puasa.

 

  1. Bahan Ceruti

Ceruti adalah bahan kain yang mempunyai ciri khas tipis dan sering jadi primadona kain untuk digunakan sebagai jilbab. Kontur atau permukaan bahan ceruti mirip dengan kulit jeruk namun halus dan terdapat bintik-bintik kecil halus. Bahan ceruti ini sifatnya lebih lembut dan sedikit elastis, masanya agak berat jika dipakai sehingga bahan kain ini terasa jatuh dan mudah melayang.

 

  1. Bahan Katun

Katun adalah bahan terbaik untuk hijab di saat cuaca panas. Soalnya, bahan katun memang memberikan efek lebih dingin di kepala. Selain itu, jilbab dengan bahan ini bisa digunakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk berolahraga. Bukan saja ringan, bahan ini juga memiliki pori-pori yang akan membuat kulit kepala tetap dapat ‘bernapas’. Keuntungan lainnya, katun juga mudah didapat, murah, mudah dibersihkan, dapat menyerap keringat, dan tersedia dalam berbagai warna dan motif menarik. Beberapa variasi katun yang dapat Goddess gunakan diantaranya katun chambray, linen, dan jersey.

 

  1. Bahan Silk

Jilbab berbahan silk sering digunakan para muslimah untuk acara pesta. Jilbab dengan bahan silk dapat menahan panas untuk waktu yang lama karena memiliki serat yang kuat. Sehingga jilbab berbahan silk ini sangat cocok Goddess pakai di bulan puasa agar tidak merasa gerah. Namun, jilbab berbahan silk ini memiliki kekurangan yaitu mudah kusut dan mudah luntur. Maka dianjurkan untuk mencucinya dengan hati-hati atau sebisa mungkin jangan mencucinya menggunakan mesin cuci.

Image source: Unsplash

Beberapa jenis bahan jilbab di atas bisa menjadi pilihanmu untuk bulan Ramadhan kali ini. Tidak perlu bingung lagi memilih jilbab yang nyaman dipakai saat puasa. Setelah menemukan jenis bahan jilbab yang nyaman dipakai saat bulan puasa, kini waktunya Goddess menyimak beberapa inspirasi makeup yang bisa kamu pilih untuk momen buka bersama.