Sunscreen is a must! Namun, kamu tidak bisa asal mengaplikasikannya ya. Ada beberapa hal yang harus diketahui agar penggunaan sunsscreen dapat lebih maksimal.

‘Sunscreen is a must.‘ Menggunakan sunscreen adalah tahapan dalam rutinitas skin care yang penting dilakukan. Sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, dan peningkatan risiko kanker kulit. Sayangnya, masih banyak orang yang salah kaprah dan menganggap bahwa penggunaan sunscreen hanya dibutuhkan saat kita berenang atau bepergian ke pantai saja. Padahal, perlindungan sunscreen dibutuhkan setiap hari sejak kita berusia 6 bulan. Selain penggunaan secara rutin, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar penggunaan sunscreen dapat lebih maksimal.

  1. Aplikasi Ulang Sunscreen

freepik.com

Sudah menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF yang tinggi, bukan berarti kamu dapat terlindungi seharian. Sunscreen dapat memudar dengan mudah, bisa karena air, keringat, atau paparan UV. Bahkan jika sunscreen tersebut memiliki klaim waterproof. Maka dari itu, butuh pengaplikasian ulang agar kulit tetap terlindungi. Aplikasikan ulang sunscreen setiap 2 jam sekali. Untuk penggunaan yang lebih praktis, dapat menggunakan sunscreen berbentuk spray atau powder.

  1. Takaran yang Tepat Agar Hasil Maksimal

    freepik.com

Agar dapat melindungi kulit dengan efektif, sunscreen perlu diaplikasikan dengan takaran yang tepat. Tekstur sunscreen yang cenderung ‘berat’ dan lengket, terkadang membuat seseorang memilih untuk mengaplikasikan hanya sedikit produk pada wajah. Hal ini tentu dapat membuat perlindungan sunscreen terhadap kulit menjadi kurang maksimal. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan memilih sunscreen dengan teksur ringan sehingga nyaman dan tidak greasy saat digunakan. Setelah itu, cari tahu takaran tepat untuk wajah. Idealnya, wajah orang dewasa membutuhkan takaran sebanyak seperempat sendok teh.

  1. Kandungan Zinc Oxide pada Sunscreen Baik Untuk Kulit Sensitif

    pixabay.com

Bagi kulit sensitif, perlindungan terhadap sinar matahari tentu sangat diperlukan. Namun, pemilihan produk sunscreen yang digunakan pun harus lebih teliti karena ada kandungan yang dapat menyebabkan iritasi atau breakout pada kulit. Bagi pemilik kulit sensitif, kamu dapat memilih sunscreen bertekstur ringan dengan kandungan zinc oxide. Kandungan tersebut dapat melindungi kulit dengan baik tanpa menyumbat pori-pori atau membuat kulit greasy. Zinc Oxide juga cocok untuk kamu yang memiliki kulit breakout.

  1. Kandungan Sunscreen pada Makeup Kurang Dapat Melindungi Wajah

    freepik.com

Kandungan sunscreen dalam produk makeup tentu menjadi sebuah nilai tambah. Namun, bukan berarti kamu bisa mendapatkan perlindungan maksimal hanya dengan mengandalkan sunscreen yang terkandung dalam produk makeup. Apalagi, meskipun memiliki kandungan SPF yang tinggi, produk makeup umumnya diaplikasikan secara tipis-tipis saja. Perlindungan yang didapatkan pun menjadi kurang maksimal. Ingatlah untuk selalu menggunakan sunscreen sebelum penggunaan makeup dan mengaplikasikan ulang dalam jangka waktu tertentu.

  1. Minyak Kulit Dapat Memudarkan Sunscreen

    freepik.com

Ada beberapa hal yang dapat memudarkan sunscreen dari kulit. Air, keringat, dan paparan sinar UV adalah beberapa di antaranya. Nah, selain 3 hal tersebut, ada satu penyebab lagi yang sulit untuk dihindari, yaitu minyak alami kulit. Hal inilah yang membuat pengaplikasian ulang sunscreen dibutuhkan. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, bisa menggunakan mineral powder dengan kandungan SPF. Selain berfungsi untuk pengaplikasian ulang sunscreen, mineral powder juga dapat menahan minyak berlebih pada wajah.