Bau mulut tentunya sangat mengganggu dan membuat tidak percaya diri, bukan? Nah, kamu bisa terhindar dari bau mulut dengan menghindari makanan ini.

Tidak terbayangkan malunya jika kamu berbicara dan merasa mulutmu bau, tentu akan membuat tidak percaya diri. Bau mulut bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya berasal dari makanan yang kamu konsumsi. Banyaknya jenis makanan yang kamu konsumsi ternyata bisa memicu aroma tidak sedap dari dalam mulut. Maka dari itu, kurangi konsumsi makanan dan minuman ini agar terhindar dari bau mulut.

  1. Bawang Putih

    pexels.com

Salah satu jenis rempah yang bermanfaat ini ternyata bisa menyebabkan bau mulut. Padahal bawang putih hampir selalu digunakan untuk memasak berbagai masakan. Masakan Indonesai hampir semuanya menggunakan bawang putih. Nah, bawang putih ini bisa meninggalkan aroma tidak sedap selama berjam-jam di dalam mulut. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu jika kamu berbicara dengan orang lain.

  1. Telur

    freepik.com

Kandungan telur yang dikonsumsi akan dicerna dan bereaksi dengan cairan asam yang ada dalam tubuh. Protein pada telur dapat melepaskan bau tidak enak dan dikeluarkan melalui rongga mulut.

  1. Permen

    pixabay.com

Biasanya orang akan mengatakan untuk makan permen jika mulut terasa bau. Padahal mengonsumsi permen secara berlebihan akan merusak gigi dan memicu bau pada mulut. Hal ini karena permen mengandung gula di dalamnya dan gula yang bertemu dengan bakteri dalam mulut akan mengeluarkan zat berbau tidak sedap.

  1. Junk Food

    pxhere.com

Selain tidak baik dikonsumsi karena faktor kesehatan, junk food juga meninggalkan aroma tidak sedap dalam mulut. Kandungan lemak dan kalori yang tinggi pada junk food menyebabkan sistem pencernaan bekerja sangat keras. Nah, kandungan yang tidak baik dalam junk food ini akan menyebabkan bau mulut tanpa kamu sadari.

  1. Daging Merah

    unsplash.com

Hampir semua orang suka makan daging kecuali bagi kaum vegetarian. Ternyata, daging merah bisa menyebabkan aroma tidak sedap dari dalam mulut. Hal ini karena daging merah cukup sulit dicerna dan membuat aroma tidak sedap pada mulut timbul.

  1. Susu

    pexels.com

Kamu terbiasa minum susu setiap hari? Ternyata minuman sehat ini bisa memicu bau tak sedap pada mulut. Jika kamu mengonsumsi susu secara berlebihan, maka aroma mulut akan menjadi tidak sedap. Namun, kamu bisa mengakali masalah ini dengan minum banyak air putih setelah minum susu untuk menghilangkan bau tak sedap itu.

  1. Kopi

    unsplash.com

Kalau kamu pecinta kopi wajib berhati-hati, Goddess. Asam pada kopi dan enzim lainnya akan bertemu dengan air liur dalam mulut. Akibatnya, rongga mulut akan menghasilkan aroma yang kurang sedap. Maka dari itu sebaiknya kamu biasakan minum air putih juga saat sedang minum kopi.

  1. Alkohol

    pixabay.com

Selain tidak baik untuk tubuh, alkohol juga tidak baik untuk rongga mulut. Lawan bicara akan merasa tidak nyaman jika menghirup aroma tidak sedap saat berbicara denganmu. Maka dari itu sebaiknya kamu kurangi konsumsi alkohol atau berhenti mengonsumsinya.