Makeup kadaluarsa bukan berarti sudah tidak bisa digunakan. Ternyata, kamu masih bisa mendapatkan banyak manfaat dari makeup kadaluarsa sebagai hal lain.

freepik.com

Produk makeup mulai dari lipstick, mascara, toner, hingga eyeshadow palette memang mempunyai masa kadaluarsanya masing-masing. Ada yang 6, 12, 24, 18, hingga 36 bulan. Namun, saat makeup sudah kadaluarsa dan belum habis, sebenarnya kamu tidak harus langsung membuangnya. Kamu masih bisa menggunakannya untuk keperluan lain. Nah, apa sih manfaat yang bisa didapatkan dari makeup kadaluarsa? Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Membuat Nail Polish dari Eyeshadow

    pexels.com

Eyeshadow palette yang sudah expired juga jangan langsung dibuang. Kamu bisa memanfaatkannya dengan cara memakai eyeshadow expired ini dengan mengubahnya menjadi nail polish atau cat kuku warna-warni. Kamu hanya perlu mengeluarkan eyeshadow dari eyeshadow palette kemudian mencampurkannya dengan nail polish yang berwarna bening hingga merata. Dengan cara memakai eyeshadow satu ini, kamu bisa merubah koleksi nail polish, hanya dari nail polish berwarna bening menjadi nail polish warna- warni sesuai dengan warna dari eyeshadow palette yang kamu miliki.

  1. Membuat Lip Balm dari Lipstick

    pexels.com

Kalau kamu mempunyai lipstick yang kadaluarsa, kamu bisa mengubahnya menjadi tinted lip balm. Kamu cukup memanaskan lipstick dan lipbalm kemudian mengaduknya hingga merata. Setelah itu, cukup tuang mixture tersebut pada wadah bersih dan biarkan hingga dingin/mengering.  Tidak perlu ragu menggunakannya meskipun lipstick tersebut sudah expired, karena ketika kamu memanaskan lipstick tersebut, panas dari api yang digunakan telah membunuh bakteri yang terdapat pada lipstick tersebut.

  1. Memakai Toner Sebagai Pembersih

    freepik.com

Toner wajah biasanya mempunyai kandungan alkohol yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, ketika produk ini kadaluarsa, kamu bisa tetap menggunakanya sebagai pembersih benda-benda di sekitar kamu, mulai dari cermin, kaca, hingga layar laptop ataupun layar ponsel.

  1. Gunakan Spoolie Maskara Sebagai Alat Makeup dan Skincare

    pexels.com

Meski tidak bisa memanfaatkan isi dari mascara yang sudah expired, kamu tetap bisa memanfaatkan spoolie mascara tersebut. Kamu hanya perlu membersihkannya hingga steril sebelum menggunakan kembali tool ini dalam makeup dan skincare routine. Kamu bisa menyisir dan merapikan bulu-bulu alis ataupun mengatasi bulu mata yang clumpy dengan bantuan spoolie mascara ini. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan spoolie mascara ini untuk scrub bibir. Cukup oleskan minyak, lip balm, ataupun petroleum jelly pada bibir kemudian gosok perlahan menggunaakn spoolie mascara.