Biasanya otak manusia lebih terbiasa dengan sesuatu yang dapat diprediksi, hal itu menyebabkan memulai pekerjaan yang baru bisa membuat stres. Coba beberapa tips ini agar minggu pertamamu berjalan lancar.

Stres dalam pekerjaan baru dapat dibandingkan dengan berlibur ke luar negeri. Kamu mungkin sangat menyukai liburan itu tetapi cobalah mengingat seperti apa sebenarnya di sana. Kamu akan kebingungan membaca penunjuk jalan, arah jalan, dan sistem kendaraan umum. Bahkan yang lebih membingungkan adalah berapa banyak koin yang dibutuhkan untuk memberi tips di restoran. Berlibur ke luar negri mungkin membuat stres namun itu juga menyenangkan. Sama halnya dengan memulai pekerjaan baru. Goddess bisa ikuti beberapa cara di bawah ini agar pekerjaan baru tidak membuat stres.

Sedikit Stres Baik untuk Perkembangan Dirimu

Biasanya otak bekerja lebih baik dengan hal yang dapat diprediksi. Pada saat tertentu, otak akan mengantisipasi apa yang akan terjadi untuk merencanakan tindakan selanjutnya. Pekerjaan baru yang penuh dengan hal tidak dapat diprediksi membuat anda belum terbiasa untuk menanggapi hal tersebut. Perusahaan baru biasanya memiliki sistem sendiri yang tentunya perlu waktu untuk dipelajari. Belum lagi banyaknya formulir atau data serta sistem perangkat kantor untuk navigasi yang membuat pusing.

Otak akan terus waspada saat mengalami kesulitan untuk memprediksi hal yang akan terjadi. Maka, sedikit stres di awal pekerjaan baru bisa menjadi hal yang baik meskipun tidak ada bahaya yang terlihat. Stres jangka pendek ini dapat membuatmu lebih bersemangat. Jadi, sedikit energi ekstra pada minggu pertama dapat orang lain melihat bahwa Goddess senang berada di sana. Stres ini dapat membantu kamu memperhatikan hal-hal baru yang terjadi di sekitarmua. Semakin kamu waspada maka semakin cepat pula kamu belajar melakukan suatu hal.

Buat Kegiatan Luar Kerjamu Familiar

Cobalah untuk mengatur segala hal agar kamu tidak terlalu banyak mengalami hal baru dalam kehidupan pribadi. Bahkan jika perkejaanmu mengharuskan untuk pindah, pastikan kehidupan rumah selalu konsisten. Mungkin kamu belum selesai membereskan rumah tetapi cobalah untuk mengatur kamar mandi dengan senyaman mungkin. Akan lebih baik dengan membuat jadwal rutin setelah bekerja. Jadi otak tidak akan terlalu banyak berpikir dan bisa beristirahat sejenak.

Ikuti Rutinitas Kerja yang Biasa

Sebaiknya ikuti prinsip kerja yang ada di kantor. Kamu bisa mencoba melakukan hal yang tidak biasa pada saat hari kerja. Cara yang lain untuk mempermudah kegiatanmu dengan membuat komputer yang kamu gunakan mirip dengan komputer lamamu. Lalu, aturlah meja sehingga kamu bisa menemukan berbagai barang yang dibutuhkan dengan mudah. Nah, kamu juga bisa mengambil rute yang sama dari rumah ke kantor agar cepat menjadi rutinitas. Sebaiknya pertimbangkan juga untuk makan siang di tempat siang sama selama beberapa minggu pertama.

Jangan Lupa Bahwa Semua Itu Hanya Sementara

Ini adalah hal terpenting, selalu ingatkan dirimu bahwa stres pekerjaan baru hanya bersifat sementara. Setelah enam minggu kamu sudah cukup belajar tentang tanggung jawab baru dan akan menemukan banyak hal di lingkungan baru. Bahkan hal-hal yang awalnya tidak familiar mulai bisa kamu prediksi. Tak lama lagi kamu akan terbiasa dengan rutinitas tersebut. Bertahun-tahun kemudian kamu bahkan tidak akan ingat betapa tertekannya ketika memulai pekerjaan baru.

Image soure: Freepik

Itu dia beberapa tips menangani pekerjaan baru yang membuat stres. Dengan mengikuti beberapa cara di atas Goddess tidak perlu lagi merasa tertekan karena pekerjaan ba