Meskipun terdengar simpel, tetapi dehidrasi kulit bisa menjadi kompleks jika diabaikan dan tidak ditangani dengan tepat. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan kondisi kulit dehidrasi berikut ini.

Kondisi Kulit Kekurangan Air

Masih kerap dijumpai orang yang salah kaprah terkait kulit dehidrasi. Tidak jarang mereka masih menganggap penyebab kulit dehidrasi adalah kurangnya minyak atau sebum seperti kulit kering. Padahal sebenarnya kulit dehidrasi disebabkan oleh kulit yang kekurangan air.

Dengan kondisi kulit yang kekurangan kadar air maka akan mempengaruhi kondisi tekstur kulit sehingga kulit kehilangan kemampuan untuk mengunci kelembapan dari dalam.

Kondisi kulit ini terjadi sebagai akibat dari unsur-unsur eksternal, seperti cuaca atau penggunaan sabun yang keras. Namun dehidrasi biasanya hanya bersifat sementara, sehingga mudah diobati daripada kulit kering.

Gejala Kulit Dehidrasi

Dehidrasi adalah sebuah masalah kulit, seperti halnya jerawat atau komedo yang bisa dialami oleh siapa saja. Kulit dehidrasi juga bisa terjadi pada setiap jenis kulit, baik itu kering, normal, berminyak ataupun kombinasi.

Biasanya, kulit dehidrasi ditandai dengan munculnya garis halus atau urat-urat halus yang terlihat jelas di permukaan kulit. Namun sebenarnya kondisi kulit dehidrasi tidak bisa hanya dinilai dari penampakannya yang terlihat kering atau bersisik saja.

Mendeteksi Kulit Dehidrasi

Ada sebuah tes mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendeteksi apakah kulitmu dehidrasi atau tidak. Caranya dengan mencubit kulit wajah atau bagian pipi. Jika terlihat garis atau kerutan halus maka tandanya kulitmu sedang dehidrasi.

Kamu juga bisa memstikan dengan melihat pada bagian sekitar mata dan dahi. Jika ada kerutan halus, kusam, dan terdapat lingkaran hitam berarti kamu juga mengalami dehidrasi kulit.

Sedangkan untuk pemilik kulit berminyak, jika produksi minyak terlalu berlebih itu berarti kulitmu juga sedang dehidrasi. Karena saat kekurangan cairan, sebagai mekanisme pertahanan, kulit akan otomatis mengirim sinyal ke kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak.