Memakai eyeliner memang tidak bisa asal-asalan karena akan membuat makeup terlihat aneh. Nah, kamu bisa ikuti tips memakai eyeliner sesuai dengan bentuk  mata ini.

Sebagai wanita pasti sudah tidak asing dengan jenis makeup eyeliner. Eyeliner digunakan untuk membuat bagian mata tampak lebih tegas dan segar. Bahkan eyeliner bisa membuat mata menjadi tampak lebih besar. Tipe eyeliner juga bermacam-macam mulai dari jenis pensil, spidol, liquid, hingga gel dan hanya perlu disesuaikan dengan kenyamanan untuk memakainya. Kalau kamu sering memakai eyeliner tetapi malah membuat penampilan menjadi berantakan berarti kamu tidak menyesuaikan bentuk eyeliner dengan bentuk mata kamu, Goddess. Lalu, bagaimana caranya? Simak yuk!

freepik.com
  1. Close Set Eyes

Kondisi mata ini adalah jarak antara kedua mata dekat. Kamu perlu membuat ilusi bahwa jarak mata kamu lebih lebar. Coba gunakan concealer pada inner corner untuk mencerahkan dan membuka bagian mata. Kemudian pada 3/4 bagian luar mata, gambar bentuk V dengan menggunakan eyeliner warna hitam, kemudian gunakan liquid eyeliner untuk membuat wing.

  1. Assymetrical Eyes

Kalau mata kamu sedikit lebih besar dari sebelahnya, cobalah gunakan teknik di mana pemakaian eyeliner kamu mulai melebar dari bagian dalam mata ke arah luar. Buatlah garis lebih tinggi pada bagian outer corner pada bagian mata yang sedikit kecil. Hal ini akan membuat mata yang kecil bisa tampak lebih besar dan sama.

  1. Almond Eyes

Cobalah garis bagian atas dan bawah bulu mata menggunakan eyeliner jenis pensil ke arah bagian luar mata untuk menonjolkan mata bentuk almond. Smudge dengan menggunakan smudge brush. Tambahkan eyeshadow warna abu-abu untuk melembutkan dan gunakan bronzer untuk menonjolkan tulang mata dan untuk efek yang natural.

  1. Small Eyes

Kalau kamu memiliki mata yang kecil, kamu bisa membuat efek tampilan mata menjadi lebih besar. Aplikasikan eyeshadow warna taupe pada kelopak mata sampai ke bagian tulang mata lalu sepanjang garis bulu mata. Baurkan dengan menggunakan jari ke atas dengan menggunakan eyeshadow warna cokelat tua, tambahkan eyeshadow pada bagian outer corner. Sepanjang garis bulu mata, ulangi penggunaan eyeliner warna hitam atau eyeshadow warna cokelat. Setelah itu, aplikasikan blush on warna pink muda, gunakan brush eyeshadow ke arah kelopak mata untuk membuat mata tampak lebih besar.

Baca Juga : Macam-macam Style Eyeliner yang Bisa Kamu Coba 

  1. Monolid

Untuk bentuk mata ini, kamu bisa tambahkan eyeliner pada kelopak mata bagian atas sehingga kelopak mata bagian bawah tidak menghilangkan bentuk eyeliner. Sebaiknya gunakan eyeliner jenis pensil waterproof kemudian garis bagian bulu mata hingga ke bagian atas. Kamu juga bisa smudge bagian tersebut ke arah luar menggunakan brush eyeliner.

  1. Wide Eyes

Mata yang memiliki jarak lebar bisa memiliki berbagai jenis gaya eyeliner. Namun, style eyeliner yang paling cocok adalah cat eye. Gunakan eyeliner pencil yang waterproof kemudian buat “V” kecil di bagian dalam bentuk mata, kemudian garis dengan liquid liner dan buat wing pada bagian luar.