Ketika berpuasa tentunya asupan air pada tubuh berkurang dan membuat bibir kering. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa membuat bibir tetap lembap selama puasa. Yuk, simak!

Tidak sedikit orang yang mengalami permasalahan pada tubuh saat sedang berpuasa. Tidak hanya masalah pencernaan yang sering dialami, tetapi terkadang bibir kering juga menjadi masalah. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang kekurangan cairan saat berpuasa. Hal ini juga menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah. Kalau kamu sering membasahi bibir dengan air liur agar terlihat basah, hal ini sangat salah. Menjilat bibir justru akan membuat bibir semakin kering. Nah, kamu bisa ikuti beberapa tips ini untuk membuat bibir tetap lembap selama puasa.

  1. Perbanyak Minum Air

    freepik.com

Saat sahur dan buka puasa, usahakan memperbanyak asupan air putih. Cara yang satu ini adalah hal paling mudah yang bisa dilakukan agar tetap mendapatkan bibir lembap selama puasa. Konsumsi air mampu menyegarkan kulit termasuk bibir.

  1. Konsumsi Buah dan Sayur

    freepik.com

Dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur saat berbuka dan sahur, kulit bibir akan ternutrisi dengan baik. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayur sangat baik karena membuat bibir menjadi lebih segar dan lembap.

  1. Hindari Makanan Asin

    freepik.com

Semua makanan akan terasa enak ketika berpuasa. Namun, kamu harus menghindari makanan yang terlalu asin untuk menjaga kelembapan bibir. Rasa asin menyerap lebih banyak air dari dalam tubuh sehinggal memicu bibir menjadi kering.

  1. Hindari Makanan Pedas

    freepik.com

Ketika berbuka puasa memang menyenangkan menyantap makanan pedas. Namun, hal ini bisa menyebabkan bibir kering. Sebaiknya, selama berpuasa selalu hindari makanan pedas karena kandungan yang ada pada rasa pedas membuat bibir menjadi kering.

  1. Gunakan Lip Balm

    freepik.com

Menggunakan lip balm memang cara yang paling praktis untuk menjaga kelembapan bibir. Pilihlah lip balm yang kaya kandungan moisturizer, minyak alami, dan memiliki label SPF. Kandungan SPF dalam lip balm ini akan menjaga kelembapan bibir dan melindungi dari sinar matahari.

  1. Timun

    freepik.com

Timun adalah buah yang memiliki banyak kandungan air. Tak heran jika timun bisa memberikan kelembapan ekstra pada bibir. Cobalah potong-potong tipis timun, kemudian letakkan pada bibir dan tekan perlahan. Hal ini akan membuat bibir lembap dan menjadi halus.

  1. Madu

    freepik.com

Mengonsumsi madu saat sahur dan berbuka juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Jika kamu malas mengonsumsi madu, kamu juga bisa cukup mengoleskannya pada bibir.