Kamu masih pemula dalam dunia makeup? Nah, kamu bisa ikuti tips memilih primer makeup menurut jenis kulit ini agar tidak berantakan, Goddess.

Banyak tutorial makeup bermunculan yang dibuat oleh para beauty enthusiast. Namun, coba kamu perhatikan banyak dari mereka yang memasukkan produk primer ke dalam list makeup yang digunakan. Padahal, untuk pemula, primer ini masih terdengar asing. Nah, kalau kamu masih bingung dalam memilih primer makeup, kamu bisa ikuti tips memilih primer makeup menurut jenis kulit di bawah ini.

freepik.com
  1. Kulit Normal

Kulit normal cenderung mudah dalam memilih produk makeup karena tidak memiliki masalah khusus pada kulit. Hampir semua jenis primer dapat digunakan tergantung pada hasil yang diinginkan. Kalau kamu ingin tampilan yang lebih flawless sebaiknya gunakan primer yang bersifat matte. Untuk mendapatkan tampilan dewy, kamu bisa menggunakan primer yang mengandung partikel pemantul cahaya. Namun, akan lebih baik menghindari primer yang bersifat mengecilkan pori-pori karena pemilik kulit normal tidak memiliki pori-pori yang besar.

  1. Kulit Berminyak

Jika kamu memiliki kulit berminyak, kamu perlu menggunakan semua makeup yang bersifat matte termasuk produk primer. Primer yang bersifat matte akan meminimalisir munculnya minyak berlebih pada wajah yang membuat tampilan makeup menjadi lebih baik. Formula lain yang bisa dipilih adalah primer yang memiliki klaim sebagai pore minimizer atau pore filler karena umumnya pemilik kulit berminyak memiliki pori-pori kulit cenderung besar.

  1. Kulit Kering

Kulit kering membutuhkan perhatian lebih jika ingin menghasilkan tampilan makeup yang flawless. Permasalahan kulit kering biasanya adalah kulit terlihat kusam dan mengelupas. Jika base makeup yang digunakan tidak sesuai maka makeup tidak akan menempel dengan baik. Sebaiknya hindari memilih primer dengan formula matte agar dry patches di wajah tidak terlihat jelas. Pilih primer dengan kandungan moisturizer yang tinggi dan mempunyai kandungan partikel pemantul cahaya sehingga kulit terlihat lebih glowing.

  1. Kulit Sensitif

Kulit sensitif cenderung rentan berjerawat sehingga primer diperlukan sebagai lapisan kulit agar tidak bersentuhan langsung dengan produk makeup. Namun, kamu tetap harus berhati-hati dalam memilih primer untuk kulit sensitif. Pastikan primer yang digunakan memiliki formula yang fragrance free, anti bakteri, dan ringan di wajah sehingga tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Kulit sensitif cenderung memiliki  banyak kemerahan di wajah, sehingga ada baiknya juga menggunakan primer yang berwarna kehijauan untuk menetralkan warna wajah tanpa menggunakan concealer atau foundation lagi.

  1. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi adalah kulit yang terasa berminyak di daerah T zone tetapi cenderung kering di bagian lainnya. Jenis kulit yang seperti ini perlu menggunakan dua jenis primer sekaligus agar hasilnya maksimal. Sebaiknya gunakan primer bersifat matte atau pore minimizing di bagian T-zone untuk mengunci minyak yang ada. Untuk bagian lainnya, gunakan primer yang bersifat melembapkan agar tidak memperparah tampilan dry patches. Jika ingin lebih praktis, maka bisa menggunakan primer yang bersifat matte namun memiliki formula yang ringan. Formula yang ringan ini penting saat memilih primer untuk kulit kombinasi karena nantinya ketebalan primer akan disesuaikan dengan tingkat oilness pada wajah.