Bedak untuk Kulit Sensitif

Bedak untuk kulit sensitif memang susah-susah gampang untuk didapatkan. Apalagi bedak merupakan salah satu produk makeup yang paling sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Bedak hampir selalu dijadikan pilihan untuk membuat riasan lebih awet, tidak mudah geser atau membuat makeup menjadi lebih flawless.

Namun jika tidak berhati-hati dalam memilih bedak bagi pemilik kulit sensitif, hal ini bisa membawa permasalahan baru yang muncul pada kulit. Seperti kemerahan, gatal-gatal, iritasi bahkan bisa memicu tumbuhnya jerawat. Tapi sebelumnya, kamu harus tahu apa saja ciri-ciri kalau kamu mempunyai jenis kulit yang sensitif:

Ciri-ciri kulit sensitif:

  • Kulit mudah bereaksi terhadap produk makeup maupun skincare
  • Kulit sangat kering dan mudah terkelupas
  • Kulit mudah mengalami kemerahan, bisa berupa ruam merah, benjolan merah, atau sebagainya.
  • Rentan berjerawat

Jika kamu menemukan atau mengalami ciri-ciri tersebut pada kulitmu, bisa jadi jenis kulitmu memang sensitif dan perlu perhatian ekstra untuk memilih produk kecantikan, baik skincare maupun makeup. 

 

Perhatikan ini saat memilih bedak untuk kulit sensitif:

1.Cari tahu penyebab kulit kamu menjadi sensitif

Penyebab kulit sensitif sangat beragam, bisa jadi karena produk, cuaca, maupun memang kondisi kulitmu sendiri. Jika kulitmu sensitif karena penggunaan produk makeup maupun skincare, kamu bisa melakukan test alergi sebelum menggunakan produk tersebut sehari-hari.

Misalnya sebelum memakai bedak, kamu bisa lakukan test alergi dengan memakai bedak di daerah leher samping. Jika selama 24 jam tidak terjadi tanda-tanda alergi atau reaksi tertentu seperti gatal atau kemerahan, kamu bisa lanjutkan penggunaan bedak tersebut.

 

2. Pilih bedak yang non-comedogenic untuk kulit sensitif

Pilih bedak yang non-comedogenic dan tidak menyumbat pori-pori. Kamu bisa perhatikan ingredients yang berpotensi menyumbat pori-pori seperti minyak kelapa, minyak sawit, mineral oil atau beberapa jenis wax, dan petrolium jelly.

 

3. Pilih bedak dengan kandungan skincare

Sebagai pemilik kulit sensitif, kamu bisa memilih bedak dengan kandungan skincare supaya dapat sekaligus merawat kulit. Beberapa kandungan skincare yang bisa kamu temukan dalam bedak yang ringan dan bisa digunakan untuk kulit sensitif seperti jojoba oil dan squalane oil, yang bisa sekaligus memberikan hidrasi pada kulit.

 

4. Hindari kandungan fragrance / parfum dalam bedak

Untuk menghindari reaksi yang berlebihan pada kulit sensitif, kamu bisa memilih bedak yang tidak mengandung fragrance atau parfum di dalamnya. Pasalnya, kandungan parfum bisa memperparah kulit sensitif, lho.

 

Itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih bedak jika kamu mempunyai jenis kulit yang sensitif. Sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih Holy Smooth & Blur Loose Powder dengan partikel yang halus serta ringan yang telah diperkaya dengan kandungan jojoba oil. Atau jika kamu ingin menambah coverage pada makeupmu tanpa takut memberikan reaksi pada kulit sensitif, kamu bisa memilih Holy Perfecting Pressed Powder yang dilengkapi kandungan squalane oil, sehingga kelembaban kulit tetap terjaga sepanjang hari.