Pilih Cushion atau Foundation

Bagi Goddess yang baru memulai untuk belajar makeup, mungkin bertanya-tanya: “pakai cushion dulu atau foundation, ya?”. Apalagi dewasa ini, berbagai merk cushion maupun foundation berseliweran dengan klaim yang berbeda-beda dan tentunya menarik. Apa kamu pernah bingung akan keduanya karena ingin mendapatkan makeup yang flawless dan tampak menyatu dengan kulit? Yuk simak artikel ini untuk mengetahui perbedaan keduanya dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kulitmu, Goddess!

Perbedaan Cushion dan Foundation

Jangan asal pakai keduanya sekaligus jika kamu belum tahu perbedaannya. Bukannya tampak menyatu dengan kulit, yang ada makeup jadi terlihat kurang natural. Walau keduanya sama-sama berfungsi sebagai base makeup atau step awal sebelum masuk ke step makeup  berikutnya, namun penggunaannya harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulitmu.

  • Cushion yang Compact dan Ringan

Pada dasarnya, cushion hampir mirip dengan foundation, BB cream, CC cream ataupun tinted moisturizer. Kamu bisa membaca penjelasan lengkap tentang cushion pada artikel ini. Hal yang membuat cushion berbeda dari foundation adalah kemasannya yang lebih compact, mirip dengan two way cake atau pressed powder. 

Tentu kemasan cushion yang compact dan simple membuat cushion lebih mudah dibawa kemana-mana daripada foundation yang pada umumnya dalam kemasan kaca. Tidak hanya itu, cushion biasanya juga sudah dilengkapi dengan puff/sponge untuk mengaplikasikan serta cermin di dalamnya.

Selain itu, biasanya cushion juga sudah dilengkapi dengan skincare benefit yang bagus untuk membuat kulit tampak lebih sehat. Kandungan skincare ini juga membuat cushion terasa lebih ringan diaplikasikan di wajah daripada foundation.

  • Foundation yang Membuat Makeup Tampak Lebih Halus dan Full Cover

Foundation atau alas bedak juga memiliki pilihan yang beragam. Kamu bisa memilih foundation sesuai dengan warna kulitmu, agar tampak lebih natural. Kamu bisa mengaplikasikan foundation dengan sponge, brush, atau menggunakan jari, tergantung coverage yang ingin kamu dapatkan. 

Foundation bisa kamu pilih jika kamu ingin makeup yang tampak lebih cover dari biasanya, karena coverage atau daya tutup foundation yang biasanya lebih tinggi daripada cushion. 

 

Buat Pemula Pakai Cushion Dulu atau Foundation?

Jika kamu pemula makeup dan bingung menentukan base makeup mana yang tepat, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan intensitas kamu ber-makeup sehari-hari. Jika kamu lebih sering menggunakan makeup dengan aktivitas yang cukup padat, cushion bisa kamu jadikan pilihan yang tepat. Selain compact dan bisa digunakan dimana saja, kandungan skincare pada cushion tentu akan bagus karena tidak hanya membuat makeup tampak lebih cantik tapi juga sehat.

Namun jika kamu membutuhkan coverage extra atau pada special occasions yang membutuhkan makeupmu tampak lebih dari biasanya, foundation bisa menjadi pilihan. Tapi walau begitu, jangan lupa untuk mengunci keduanya dengan bedak agar tetap halus dan tahan lama ya, Goddess!

Jadi apa kamu sudah menemukan base makeup yang cocok buatmu?