masalah kulit akibat memakai masker
source: freepik.com

Pemakaian masker sepanjang hari akan meningkatkan kelembaban wajah, terjadinya gesekan antara permukaan masker dan kulit wajah, dan meningkatkan suhu panas di dalam masker. Akibatnya akan timbul berbagai masalah kulit wajah di bagian wajah yang tertutup masker.

Masker sekali pakai seperti medis maupun masker kain dapat menampung bakteri dan jamur, oleh sebab itu penggunaan masker sebaiknya tidak digunakan berulang. Bahkan, sebaiknya mengganti masker yang bersih setiap 4-5 jam sekali.

Tidak hanya diakibatkan oleh bakteri dan jamur saja, timbulnya masalah kulit saat memakai masker juga bisa disebabkan oleh penggunaan makeup yang berlebih dan mengandung bahan komedogenik.

Lalu, apa saja 3 masalah kulit yang akan timbul akibat penggunaan masker? Simak, penjelasannya berikut ini.

Maskne, Jerawat Akibat Memakai Masker

jerawat maskne
source: freepik.com

Sudah kenal dengan Maskne?

Dikutip dari dr. Rheza dalam thread twitternya, Maskne berasal dari dua kata “Mask” dan “Acne”. Maskne adalah jerawat yang disebabkan oleh penggunaan masker dalam waktu yang lama dan didukung oleh berbagai faktor.

Penyebab timbulnya jerawat Maskne bisa disebabkan oleh adanya gesekan, tekanan, keringat, polusi dan oklusi berulang, atau disebut acne mechanica. 

Tidak hanya karena masker saja, penyebab timbulnya jerawat ini juga bisa muncul di sebagian area wajah dalam periode waktu tertentu. Seperti saat memakai helm, syal, jilbab, dan topi.

Nah ada dua faktor yang berpengaruh pada acne mechanica. Faktor mekanik terjadinya gesekan, tekanan, garukan, dan faktor iklim seperti suhu panas, kelembaban dan radiasi sinar uv.

Lalu, faktor yang pendukung yang memicu maskne bisa disebabkan oleh jenis dan bahan masker, lama pemakaian masker, kebersihan wajah, dan penggunaan makeup.

Penggunaan makeup dengan kandungan komedogenik seperti isopropyl myristate, lanolin, alkohol stearat, cocoa butter dan asam oleat dapat memicu dan memperparah jerawat di wajah. 

Kulit Dehidrasi

kulit dehidrasi
source: freepik.com

Untuk yang memiliki jenis kulit wajah kering sebaiknya perhatikan kelembaban wajah selama pakai masker. Meskipun saat sebagian area wajah tertutup masker akan lebih lembab, kulit kering bisa saja mengalami dehidrasi.

Kulit dehidrasi disebabkan oleh ketidakseimbangan kadar air dan minyak di kulit wajah kamu. Akibatnya akan memicu timbulnya jerawat, dan mengalami iritasi wajah. 

Kulit Wajah Kusam

kulit kusam
source: freepik.com

Timbulnya jerawat juga akan memicu kulit wajah menjadi kusam. Apalagi saat memakai masker area wajah yang tertutup akan terjadi penumpukan kotoran, sebum dan debu. 

Kulit kusam juga bisa terjadi akibat penggunaan makeup yang tidak tepat, seperti menggunakan makeup mengandung bahan komedogenik yang dapat menyumbat pori-pori wajah. 

Lalu, apakah saat menggunakan masker tidak bisa menggunakan makeup? Goddess tetap bisa memakai makeup dengan memilih produk makeup yang memiliki formula ringan dan non-comedogenic seperti cushion.

Untuk daily makeup, Holy Flawless BB Cushion adalah makeup pilihan yang tepat digunakan selama memakai masker. Adanya kandungan skincare ekstrak green tea berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri dan antiinflamasi. 

Manfaat ekstrak green tea pada cushion Looké  ini, tidak hanya mencegah iritasi wajah. Namun, dapat mencegah timbulnya jerawat maskne ketika digunakan di bawah masker.

Tidak ingin khawatir dengan masalah kulit wajah akibat memakai masker? Langsung saja coba manfaat ekstrak green tea dalam Holy Flawless BB Cushion melalui official distributor Looké Cosmetics.