Bedak memang makeup yang tidak pernah ditinggalkan. Namun, bedak ternyata banyak jenisnya dan berbeda fungsi. Apa saja bedak-bedak tersebut?

Bedak wajah adalah salah satu perlengkapan makeup yang wajib dimiliki setiap wanita. Bedak juga menjadi salah satu produk makeup yang kerap digunakan hampir setiap saat. Setiap jenis bedak memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tekstur atau bentuk bedak juga berbeda di setiap jenisnya. Maka, mulai sekarang kenali jenis bedak dan kegunaannya. Berikut ini beberapa jenis bedak dan kegunaannya.

  1. Loose Powder

Loose powder atau yang sering disebut dengan bedak tabur memiliki tekstur lembut ketiba diaplikasikan. Biasanya bedak jenis ini dikemas dalam bentuk jar atau tub. Loose powder ini bisa dijadikan pilihan untuk daily makeup karena hasilnya lebih natural dan menyatu dengan kulit. Hal ini disebabkan karena teksturnya sangat halus dan partikelnya lebih kecil sehingga dapat menutup pori-pori dengan baik.

Bedak jenis ini biasanya digunakan sebagai alas foundation atau pelembab. Loose powder ini cocok untuk semua jenis kulit baik kulit normal, kombinasi, berminyak maupun kering. Meski mudah digunakan bedak jenis ini agak sulit dibawa bepergian karena tidak begitu praktis dan mudah tumpah.

  1. Translucent Powder

Bedak yang satu ini sering disamakan dengan loose powder, padahal kedua bedak tersebut berbeda. Bedak translucent sering disebut bedak transparan karena bedak ini tidak mengubah warna kulitmu. Berbeda dengan loose powder yang menawarkan beberapa pilihan warna. Bedak ini lebih mudah membaur di wajah dan memberikan tampilan yang natural. Bedak ini juga bisa membantuk menyamarkan pori-pori yang besar.

Translucent powder ini bisa digunakan sebagai setting powder tidak seperti loose powder. Bedak ini juga memiliki kemampuan untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Berbeda dengan loose powder yang harus kamu aplikasikan berulang kali karena wajah mulai berminya. Translucent powder ini lebih tahan lama dan mengurangi minyak pada wajah. Bedak ini sangat cocok untuk kalian yang menggemari penampilan natural karena makeup yang kamu gunakan tidak terlihat too much.

  1. Pressed Powder/Compact Powder

Pressed powder/compact powder adalah bedak yang dipadatkan atau dipress kedalam kemasan berbentuk compact. Jenis bedak ini memang merupakan idola sejuta wanita karena kemasannya yang praktis untuk dibawa dan isinya tidak akan tumpah. Selain efisien dan praktis untuk dibawa, bedak ini memiliki partikel yang padat dan kecil sehingga dapat tahan lama sejak pengaplikasiannya ke wajah. Namun, karena partikelnya yang padat, bedak jenis ini tidak disarankan untuk kulit berjerawat dan sensitif, karena bedak jenis ini dapat menutup pori-pori.

  1. Two Way Cake Powder

Bedak jenis memiliki fungsi yang berbeda dari jenis bedak lainnya. Bedak ini berfungsi memberikan efek mirip dengan foundation. Kemasan bedak ini hampir sama dengan compact powder namun memiliki fungsi yang berbeda. Bedak ini memiliki formula yang berminyak dan berat, sehingga hasil pemakainnya sama seperti foundation. Keuntungan dari bedak ini, kamu bisa mengaplikasikannya sebagai bedak atau foundation.Two way cake akan menghasilkan tampilan matte yang tahan lama, serta memiliki daya coverage yang tinggi. Selain bisa menutup ruam pada wajah, bintik hitam, dan bekas jerawat juga dapat ditutup. Sebaiknya two-way cake powder tidak dipakai setiap hari, karena berpotensi menutup pori dan menimbulkan jerawat kalau tidak membersihkan wajah dengan baik.

  1. Banana Powder

Bedak yang satu ini dinamakan banana powder karena warnanya yang kekuningan. Namun, bukan berarti bahwa wajah penggunanya juga akan menjadi kuning. Bedak ini memiliki 3 fungsi sekaligus yaitu sebagai highlighter, setting powder, dan mengoreksi riasan. Tekstur bedak ini sangat halus mirip dengan translucent powder. Namun, saat dibubuhkan ke kulit tidak terlihat tebal dan warnanya hampir transparan saat diaplikasikan ke kulit. Bedak ini bersifat matte maka dapat digunakan sebagai finishing pada akhir riasan, bisa juga sebagai highlighter pada bagian tertentu, atay diaplikasikan ke seluruh wajah untuk mengunci makeup.

Pilihlah jenis bedak dan warna yang cocok untukmu. Baurkan dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat, Goddess!