Sulit atasi jerawat selama masa pandemi ini? Kamu tidak sendirian. Sudah banyak yang mulai menyadari, area wajah tertutup masker mengalami bruntusan bahkan jerawat yang tak kunjung sembuh.

Ternyata penyebab jerawat bukan hanya faktor dari dalam saja. Umumnya kita mengenal penyebabnya dikarenakan hormon, tidak cocok dengan bahan tertentu pada makeup dan skincare, atau diakibatkan dari salah memilih produk makeup.

Selama pandemi ini, jerawat juga bisa diakibatkan dari gesekan yang terjadi pada permukaan kulit dengan lapisan masker. Penyebab jerawat ini dikenal dengan sebutan maskne atau acne mechanica.

Sudah lakukan banyak cara untuk mengobati jerawat, tapi tak kunjung sembuh. Yakin kamu sudah lakukan cara tepat atasi jerawat? Nah, coba saja lakukan tips atasi jerawat berikut ini!

Rutin Ganti Masker Secara Berkala

Atasi jerawat tidak hanya dapat dilakukan dengan satu cara saja, contohnya menggunakan obat totol jerawat. Mungkin saja jerawat bisa kering dalam satu malam, tapi ketika esok harinya kalian menggunakan masker, jerawat bisa muncul kembali.

Cara atasi jerawat harus dilakukan secara berkesinambungan, dari dalam maupun luar. Salah satu cara paling utama disaat masker wajib digunakan setiap hari, ganti masker secara berkala setiap 4 jam sekali.

Apapun jenis bahan masker yang digunakan. Entah itu kain sutra, kain katun, sekalipun masker bedah sebaiknya rutin diganti. 

Sebab udara lembab yang menumpuk terjebak didalam masker,  akan mengakibatkan kulit wajah mengalami iritasi karena adanya gesekan dan bakteri yang menumpuk.

Minimalkan Makeup

Jika kulit wajah sedang mengalami jerawat meradang, sebaiknya sembuhkan jerawatnya terlebih dahulu. Kalaupun terpaksa harus menggunakan makeup, ada cara makeup new normal dengan membuat riasan lebih fokus pada area mata.

atasi jerawat dengan makeup non-comedogenic
Nah, kamu juga bisa tetap menggunakan bedak agar kulit wajah terlihat lebih flawless dan menyamarkan noda-noda hitam bekas jerawat. Gunakan saja makeup minimal dengan bedak padat dari Holy Perfecting Pressed Powder.

Prinsip utama dalam merawat kulit wajah adalah menjaga skin barrier kamu, salah satunya memastikan kulit wajah lembab secara alami. Nah, Pressed Powder dari Looké Cosmetics ini memiliki benefit skincare squalane oil.

Manfaatnya, bisa memberikan kelembaban kulit wajah kamu secara alami. Tidak perlu khawatir lagi, meskipun pakai makeup skin barrier kamu tetap terlindungi. 

Atasi Jerawat dengan Jaga Pola Hidup Sehat

Percuma saja kamu menggunakan rangkaian skincare berlapis, tapi tetap mengkonsumsi makanan manis yang bisa menyebabkan jerawat mudah muncul kembali. Atasi jerawat memang harus dilakukan juga dari dalam.

Jaga pola hidup sehat kamu dengan cara perbaiki pola makan sehat, rutin berolahraga, istirahat cukup dan manajemen stress juga penting dilakukan. 

Jika sudah lakukan 3 tips cara atasi jerawat, namun hasilnya jerawat tetap tidak kunjung sembuh.  Mungkin saja jerawat yang muncul di area tertutup masker, penyebabnya dari penggunaan makeup comedogenic. Sebaiknya, pahami dulu kebutuhan tubuh kamu ya!