Makeup tahan lama tentunya menjadi dambaan semua wanita. Nah, beberapa tips ini bisa kamu lakukan untuk membuat makeup tahan lama.

Pagi hari baru saja berdandan, tapi siang hari tampilan makeup sudah tidak maksimal. Nah, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan performa makeup jadi kurang tahan lama. Kualitas produk yang kurang baik, cara aplikasi yang kurang tepat, hingga kebiasaan yang bisa menyebabkan tampilan makeup rusak. Meskipun penyebabnya beragam, kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk mengatasinya

  1. Layering

Kalau kamu memiliki jenis kulit berminyak dan kombinasi, mungkin sering mengalami masalah makeup luntur atau pudar. Nah, kamu tidak perlu khawatir karena masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Cobalah untuk melakukan teknik layering saat mengaplikasikan makeup. Namun, kamu haru berhati dalam melakukan teknik ini karena tidak semua jenis produk cocok digunakan secara berlapis. Produk yang cocok untuk layering adalah produk yang memiliki tekstur cream atau liquid.

  1. Blot Lipstik

Meskipun terdengar sebagai suatu hal yang sepele, hal ini bisa membantu membuat warna lipstik lebih tahan lama di bibir. Cara ini sangat ampuh diterapkan bersama lipstik matte. Kamu cukup aplikasikan lipstik pada bibir dan blot menggunakan tisu tipis. Lalu, lakukan langkah tersebut sebanyak 2-3 kali agar hasilnya maksimal. Kamu sebaiknya memilih lipstik yang memiliki tekstur lembut dan ringan agar nyaman saat digunakan berlapis-lapis.

  1. Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah

Beberapa kebiasaan seperti menyentuh wajah, menggosok mata, atau menopang dagu dengan tangan bisa menyebabkan tampilan makeup menjadi rusak. Makeup complexion jadi bergeser dan berpindah ke tangan atau eyeliner menjadi beleberan karena tergosok. Selain itu, kebiasaan menyentuh wajah juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Kebiasaan ini akan membuat berpindahnya bakteri atau kuman dari tangan ke wajah, yang bisa menyebabkan jerawat.