Meski tidak makan dan minum di siang hari, jangan salah, seringkali pengeluaran di bulan puasa justru membengkak. Nah, Goddess, penasaran nggak sih bagaimana cara mengatur keuangan di bulan puasa agar tetap hemat? Simak di artikel berikut ini ya!

  • Buat rencana menu makanan per minggu

Membuat meal plan atau rencana menu per minggu rupanya bisa menghemat pengeluaran kita lho! Dengan begini, kamu bisa belanja kebutuhan memasak dengan lebih terarah dan nggak mudah tergiur membeli bahan-bahan masakan yang ujung-ujungnya tidak terpakai. Selain itu, kamu juga nggak perlu bingung lagi deh selama seminggu kedepan harus sahur apa dan memasak apa untuk hidangan berbuka.

  • Membuat kue lebaran sendiri

Menjelang penghujung bulan puasa, biasanya kita tergiur untuk membeli ragam kue lebaran untuk menemani hari raya idul fitri. Nah, untuk menyiasatinya kamu bisa bereksperimen dengan membuat kue lebaran sendiri. Dengan begini, budget untuk membeli kue bulanan dapat kamu alokasikan untuk keperluan lainnya.

  • Nggak perlu baju baru

Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan sustainable fashion, baju baru di hari raya rasanya menjadi sebuah pengeluaran yang tidak perlu. Selain membuang-buang uang, membeli baju baru setiap hari raya juga hanya akan menambah tumpukkan baju tak terpakai di lemarimu yang ujung-ujungnya bisa menjadi limbah.

Sebagai gantinya, yuk coba gunakan lagi baju-baju lama yang ada dan mix n match isi lemarimu agar tetap bisa tampil gaya di hari raya.

  • Siapkan budget khusus untuk belanja promo

Bulan puasa dan hari raya biasanya banjir promo-promo menarik. Agar kamu tidak kelewatan berbelanja, ada baiknya kamu menyiapkan budget khusus untuk mentraktir dirimu belanja produk-produk promo tersebut. Dengan begini, kamu tetap bisa mendapatkan produk incaranmu dengan harga miring tanpa membuat kantong jebol.

Nah Goddess, yuk jadikan bulan ramadhan kali ini ajang untuk menahan diri dari godaan termasuk godaan untuk menghabiskan uang pada hal-hal yang tidak perlu.