Siapa yang tidak tahu Earth Hour? Kampanye yang diinisiasi oleh World Wildlife Fund (WWF) ini biasanya dirayakan di bulan Maret dengan gerakan mematikan listrik secara serentak selama satu jam. 

Tahun ini, seiring dengan bangkitnya semangat masyarakat dalam memerangi COVID-19, usaha untuk memulihkan kembali lingkungan pun turut bangkit. 

Nah, selain mematikan listrik, kamu juga bisa lho melakukan 5 hal ini untuk berpartisipasi dalam gerakan Earth Hour untuk menyelamatkan bumi kita tercinta. Let’s check this out!

Sampaikan suaramu

Meskipun tidak ada gerakan secara langsung, kamu tetap bisa speak up mengenai isu-isu lingkungan yang menjadi perhatianmu di media sosial. Ini saatnya kamu menunjukkan kreativitasmu! Jika kamu suka menggambar, tuangkan idemu dalam coretan warna. Jika kamu suka menulis, suarakan pendapatmu lewat artikel atau tulisan. 

Sekecil apa pun itu, suaramu tetap sangat berarti lho untuk meningkatkan kesadaran atas pentingnya isu lingkungan ini.

Detoks sejenak

Berhubung momentum Earth Hour lekat dengan mengurangi penggunaan listrik, kamu bisa menggunakan waktu ini untuk ‘detoks’ sejenak dari dunia luar. Kamu bisa melakukannya dengan cara bermeditasi untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Selain membuat lebih rileks, sesi meditasi ini juga bisa kamu gunakan sebagai sarana refleksi diri lho!

Jadilah inspirasi

Seperti di poin sebelumnya, sekecil apa pun itu, suaramu sangatlah berarti. Yuk gunakan momentum ini untuk membahas isu-isu lingkungan dengan orang-orang terdekat seperti keluarga atau teman dekatmu. Siapa tahu, melalui obrolan-obrolan ringan tersebut, mereka juga jadi terinspirasi untuk bergerak bersama menyelematkan lingkungan!

Perubahan dimulai dari hal-hal kecil

Momentum Earth Hour cocok banget untuk kamu jadikan batu loncatan dalam mengubah kebiasaan-kebiasaan kecil menjadi sesuatu yang ramah lingkungan. Tidak perlu lompatan besar, hal-hal kecil seperti mematikan kran air saat tidak digunakan, atau mulai memilih opsi diet yang vegan bisa menjadi garis start untuk hidup yang lebih bersinergi dengan alam.

Tunjukkan kepedulianmu pada dunia

Bertepatan dengan momen ini, organisasi-organisasi pecinta lingkungan banyak yang merilis petisi untuk mendesak pemimpin negara melakukan aksi nyata demi menyelamatkan bumi dari bencana iklim. Serunya, kamu bisa banget lho berpartisipasi dalam gerakan ini dengan menandatangani petisi mereka yang nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan untuk mendorong gerakan penyelamatan lingkungan ini lebih lanjut.

So, gimana nih, Goddess? Apakah kamu tertarik untuk berpartisipasi juga dalam Earth Hour tahun ini?