makeup vegan dan cruelty free
source: freepik.com

Tahukah Goddess, saat ini beberapa produk make up dan skincare sudah memiliki label vegan dan cruelty-free. Selain itu, mulai banyak juga yang lebih bijak memilih produk make up ramah lingkungan, tidak heran keduanya menjadi pilihan dalam gaya hidup dan menjadi resolusi 2021.

Jika diperhatikan kembali, produk make up vegan belum tentu bebas dari uji coba terhadap hewan, begitu juga sebaliknya. Sebab ada perbedaan diantara keduanya, meskipun memiliki persamaan tidak melibatkan unsur hewan pada seluruh proses produksi make up.

Nah, seperti apa perbedaan keduanya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Make Up Vegan 

perbedaan makeup vegan dan cruelty free
Perbedaan Cruelty free dan Vegan

Jika kamu sudah memulai memilih gaya hidup vegan, tidak hanya dari makanan saja tapi mulailah gunakan make up vegan. Produk make up vegan memiliki bahan-bahan yang tidak menggunakan unsur hewani di dalamnya. 

Sebagai gantinya, make up vegan mengambil ekstrak tumbuhan atau bahan baku kimia yang aman digunakan untuk kulit wajah. Ketika Goddess memilih make up yang memiliki label Vegan, maka dapat dipastikan produk tersebut tidak memiliki unsur hewani di dalamnya.

Make Up Cruelty-Free

makeup cruelty free
source: freepik.com

Tidak hanya bahan-bahannya saja yang harus bebas dari unsur hewani, dalam tahapan seluruh proses produksi bisa melibatkan hewan seperti saat melakukan uji keamanan produk. 

Beberapa produk make up masih menggunakan metode pengujian yang melibatkan hewan, akibatnya semakin banyak hewan yang terancam dan mengalami kekerasan. Nah, jika suatu produk tidak melibatkan pengujian pada hewan, dipastikan produk tersebut cruelty-free.

Untuk memastikannya, Goddess bisa melihat label yang tertera pada kemasan yang merupakan label bersertifikat resmi dari beberapa organisasi seperti PETA, Choose Cruelty-Free, Cruelty Free International dan lainnya.

Lebih Baik Make Up Vegan atau Cruelty-Free?

make up vegan cruelty-free

Dari penjelasan keduanya, tentunya akan lebih baik jika make up yang Goddess pilih sudah memiliki label vegan dan cruelty-free. Untuk tampil cantik tidak perlu kan menyakiti hewan? akan jauh lebih bijak kalau kita turut mendukung perlindungan hewan.

Kalau Goddess mencari produk make up vegan dan cruelty-free, tentunya Looké Cosmetics jawabannya. Tampil cantik dengan bahan-bahan yang aman dan dilengkapi bahan aktif skincare untuk merawat kulit wajah lebih sehat.