Siapa di sini yang hobinya mengoleksi produk-produk makeup?

Nggak bisa dipungkiri, mengoleksi produk makeup memang bisa menimbulkan kebahagiaan tersendiri khususnya bagi para perempuan. Nah, tapi beberapa produk makeup terkadang memiliki waktu kadaluarsa yang tidak lama. Sehingga kerap kali, sebelum habis dipakai produk tersebut telah mencapai masa kadaluarsanya.

Penasaran nggak, Goddess, ada nggak sih cara untuk memanfaatkan makeup kadaluarsa?

Nah, simak di artkel berikut ini yuk!

Lipcream Kadaluarsa

Salahsatu produk makeup yang paling sering dikoleksi oleh para wanita adalah produk bibir, seperti lipcream contohnya. Terkadang, saking banyaknya, tidak semua lipcream sempat terpakai sampai habis sebelum tanggal kadaluarsanya.

Tapi, jangan khawatir! Kita bisa lho memanfaatkan lipcream kadaluarsa sebagai cat kuku. Caranya tinggal mencampurkan lipcream tersebut dengan kutek berwarna bening, dan jadi deh, warna cat kuku baru untuk mempercantik jemarimu.

Mascara Kadaluarsa

Mascara merupakan salah satu produk makeup dengan masa kadaluarsa tercepat. Produk ini memiliki masa PAO atau product after opened yang tidak lebih dari 3 bulan. Nah, bagaimana caranya memanfaatkan maskara yang telah lewat masa kadaluarsanya?

Mudah banget kok, Goddess! Kamu bisa menggunakan sikat mascaranya sebagai spoolie untuk merapikan alismu. Cukup bersihkan sisa-sisa produk yang masih menempel di sikat mascara tersebut dengan menggunakan micellar water, keringkan, dan voila! Kamu sudah memiliki spoolie baru untuk merapikan alismu.

Produk Complexion Kadaluarsa

Untuk produk complexion, memang sebaiknya tidak digunakan melebihi tanggal kadaluarsanya. Karena, bisa-bisa produk tersebut membahayakan kulit wajah yang cenderung lebih sensitif dibanding area kulit lainnya. Permasalahan seperti jerawat dan iritasi dapat timbul jika kita menggunakan produk complexion yang kadaluarsa.

Nah, tapi jangan khawatir! Beberapa kebudayaan biasanya memiliki tradisi untuk memulas wajah mayat orang-orang tercinta mereka dengan makeup. Dan biasanya ada rumah-rumah duka yang membuka donasi untuk makeup kadaluarsa untuk kebutuhan makeup mayat ini. Kamu bisa mendonasikan produk-produk complexion-mu yang sudah kadaluarsa untuk keperluan ini.

Nah, Goddess, ternyata banyak cara ya untuk memanfaatkan makeup yang sudah kadaluarsa. Jadi, jangan dibuang dulu ya makeup-makeup kalian yang masih kadaluarsa!